9 Tanda Orang yang Terampil Beradaptasi, Anda Termasuk? Cek Penjelasannya

YOGYAKARTA – Kemampuan beradaptasi adalah keterampilan yang bersifat universal yang tak hanya dimiliki manusia, tetapi semua makhluk hidup termasuk tumbuhan. Pada manusia, kemampuan ini tampak pada proses evolusi, bagaimana manusia berubah bentuk tubuhnya hingga bagaimana membangun peradaban. Dalam contoh kecilnya, adaptasi adalah tentang mengatasi situasi sulit dan berhasil menyelesaikannya.

Menurut APA Dictionary of Psychology, kemampuan beradaptasi didefinisikan sebagai kapasitas untuk menyesuaikan perilaku seseorang menurut keadaan yang berubah. Kemampuan ini bisa dimiliki setiap orang meski tidak sama. Karena kemampuan ini penting dimiliki, maka perlu diketahui tanda orang yang terampil beradaptasi dalam daftar berikut ini.

1. Fleksibilitas dan kesiapan untuk berubah

Orang yang mudah beradaptasi sefleksibel karet gelang yang siap meregang sesuai kebutuhan saat itu. Mereka tidak takut untuk menaati jadwal mereka dan cepat mengganti jadwal tersebut saat dibutuhkan tanpa banyak kesulitan. Mereka cepat menilai risiko dan imbalan untuk membuat pilihan terbaik.

Ilustrasi tanda orang yang terampil beradaptasi (Freepik)

2. Percaya tantangan daripada hambatan

Orang yang benar-benar mudah beradaptasi tidak percaya pada hambatan. Sebaliknya, mereka percaya pada tantangan. Tantangan yang dapat membantu mereka tumbuh lebih dekat untuk mencapai tujuan mereka. Ketika dihadapkan dengan tembok, menggunakan mekanisme penanganan yang sehat sebagai alat, mereka menempa celah baru dalam apa yang kebanyakan orang lihat sebagai jalan buntu. Mereka melihat setiap hambatan yang mereka hadapi sebagai kesempatan untuk tumbuh dan menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Kerja tim adalah kerja Impian

Orang yang sangat mudah beradaptasi akan berkembang dalam sebuah tim. Mereka biasanya bersedia memahami situasi yang dihadapi rekan setimnya dan selalu siap membantu dan bekerja sama dari pihak mereka. Melansir PsychoLogs, orang yang terampil beradaptasi ketat dalam membuat batasan. Sementara mereka siap menyesuaikan diri, mereka juga tidak membebani rekan kerja timnya untuk mengorbankan tujuan pribadi. Artinya, orang yang terampil beradaptasi mengukur keseimbangan yang rumit antara tujuan tim dan tujuan pribadi masing-masing anggota tim termasuk dirinya.

4. Lebih banyak berpikiran positif

Orang yang mudah beradaptasi memiliki pancaran, karena mereka selalu dipenuhi dengan kepositifan yang siap menghadapi setiap hari dengan energi yang tak ada habisnya. Bagaimana mereka mendapatkan energi yang hampir tak pernah berakhir ini?

Kuncinya adalah perawatan diri dan kasih sayang. Banyak individu yang mudah beradaptasi memulai hari mereka dengan afirmasi, memberi diri mereka hadiah manis melalui pembicaraan diri yang positif. Mereka tidak menyalahkan diri sendiri atas kemunduran dan menerima bahwa tidak semuanya dapat berjalan sesuai rencana. Orang yang mudah beradaptasi menjalani kehidupan terbaik mereka, menghargai setiap momen dalam kehidupan pribadi dan profesional mereka.

Ilustrasi tanda orang yang terampil beradaptasi (Freepik)

5. Rasa ingin tahu dianggap sebagai latihan

Orang yang mudah beradaptasi membiarkan rasa ingin tahu membimbing mereka. Pertanyaan yang jutaan seperti kanak-kanak tidak pernah memudar. Mereka tidak percaya ada pertanyaan bodoh, bagi mereka setiap pertanyaan layak untuk ditanyakan karena dapat mengarah menemukan jalan baru yang belum pernah ditemukan.

6. Berdaya mencipta

Kosakata “Saya tidak bisa” jarang dilontarkan seseorang yang terampil beradaptasi. orang yang adaptif mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka, kecuali mereka dapat mengubah kelemahan mereka menjadi kekuatan.

7. Tidak takut mencoba hal baru

Sebagai orang dewasa, kebanyakan individu merasa sulit untuk mencoba hobi baru. Kemauan untuk terus mengeksplorasi dan bereksperimen merupakan karakteristik yang menonjol dari semua orang yang adaptif. Mereka bangga mencoba setiap aktivitas setidaknya satu kali sebelum memutuskan itu bukan untuk mereka.

8. Ketahanan terhadap tantangan

Ketahanan didefinisikan sebagai kemampuan untuk bangkit kembali saat menghadapi kesulitan atau kemunduran. Karena tantangan adalah bagian yang tidak dapat dihindari dalam hidup, orang yang mudah beradaptasi percaya pada kemampuan mereka untuk mengatasi segalanya, bahkan kegagalan. Mereka tidak membiarkan kegagalan mendefinisikan mereka dan terus bangkit kembali setelah jatuh ke tanah hingga akhirnya berhasil.

9. Responsif terhadap umpan balik

Orang yang mudah beradaptasi merasa sangat senang saat menerima umpan balik. Wajar jika terkadang merasa sakit hati saat seseorang mengkritik kerja keras kita. Namun, orang yang mudah beradaptasi menganggapnya sebagai kesempatan untuk menemukan kesalahan yang mereka abaikan dan meningkatkan kualitas pekerjaan mereka. Mereka tidak menerima kritikan dengan sepenuh hati dan malah menganggapnya sebagai kesempatan untuk tumbuh dan belajar.

Kemampuan beradaptasi mungkin berbeda-beda setiap orang, ada orang yang mudah beradaptasi dan ada pula yang membutuhkan waktu lebih lama. Tetapi keterampilan penting ini, bukan tidak mungkin untuk dilatih lewat langkah-langkah kecil secara bertahap.