Orang yang Hidup Bahagia, Memiliki 10 Tanda-Tanda Ini
Ilustrasi tanda2 orang bahagia (Pexels/Andrea Piacquadio)

Bagikan:

JAKARTA – Setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda tentang kebahagiaan. Bahkan caranya mendapatkan perasaan yang sejahtera dan puas dengan setiap proses yang ia jalani dalam hidup, meski enggak selalu mendapatkan tujuannya, tetap bisa merasakan bahagia.

Menurut ulasan Susan Krauss Whitbourne, Ph.D., profesor emeritus psikologi dan brain sciences di Universitas Massachusetts, dengan mengingat pengalaman yang menyenangkan seseorang bisa mendapatkan ‘penyembuhan’ dan mencapai kebahagiaan. Pada aspek lain, seseorang yang merasa bahagia memiliki tanda-tanda seperti berikut di bawah ini.

1. Menjalani hidup dengan integritas

David Leonhardt dilansir Reader’s Digest, Senin, 27 Desember, mengatakan bahwa orang yang punya integritas menjalani apa yang ia yakini. Penulis buku Climb Your Stairway to Heaven: The Nine Habits of Maximum Happiness menambahkan, orang yang yakin dengan apa yang ia butuhkan dan mendapatkannya dengan menikmati setiap prosesnya akan lebih merasa berharga.

2. Berdamai dengan setiap hal, termasuk yang enggak sesuai ekspektasi

Menikmati masa kini dan memusatkan energi Anda tanpa mengkhawatirkan masa lalu atau masa depan, menurut Michelle Keeley berarti merangkul hidup sepenuhnya. Ia juga mengatakan bahwa hidup terdiri dari serangkaian momen, mengkhawatirkannya justru membuang waktu Anda dan jadi tak bikin bahagia.

3. Sering bersyukur

Bersyukur dapat menuntun perasaan jadi lebih puas dan bahagia. Misalnya ketika Anda melakukan tindakan kebaikan, atau bahkan memberi pujian pada rekan, maka perubahan akan dirasakan pada tubuh Anda.

tanda orang bahagia
Ilustrasi tanda orang bahagia, sering bersyukur (Pexels/Andrea Piacquadio)

4. Hasil pekerjaan memuaskan

Kebahagiaan bisa dirasakan ketika menemukan sesuatu yang bermakna. Misalnya ketika Anda menyukai pekerjaan Anda, maka membuat semakin bahagia. Bahkan meski tidak ada pekerjaan yang tak melelahkan, Anda tetap bahagia dengan hasil pekerjaan Anda.

5. Menikmati hubungan

Bertengkar itu pasti terjadi, tetapi selama Anda bisa berdamai dengan diri sendiri dan melatih rasa hormat, serta kesabaran maka Anda bisa menjalani hubungan dengan lebih baik. Tidak hanya hubungan dengan pasangan, tetapi hubungan dengan keluarga, rekan kerja ataupun lingkaran pertemanan Anda.

6. Tidak mengkritisi diri sendiri

Mengkritisi diri sendiri sering kali membuat seseorang jadi tidak berkembang. Ia akan diliputi keraguan dalam mencapai tujuan. Jadi, orang bahagia tahu betul cara menemukan kebahagiaan yaitu dengan melepaskan perasaan dan pikiran negatif pada diri sendiri.

7. Mudah beradaptasi dengan perubahan

Banyak orang ketakutan terhadap perubahan, tetapi orang bahagia mengikuti arus kehidupan termasuk segala perubahan yang dialami. Michelle Keeley mengatakan, jika Anda merasa lebih memegang kendali dan lebih mampu beradaptasi maka peluang mendapatkan kebahagiaan akan lebih besar daripada bereaksi terhadap perubahan.

8. Menikmati hal-hal sederhana

Jangan pernah menganggap sepele hal-hal kecil, sebab orang bahagia kerap menganggapnya sebagai batu bata untuk membangun rumah kebahagiaan. Mereka meluangkan waktu untuk menikmati makanan sehat, lukisan indah, atau matahari terbit.

tanda orang yang bahagia
Ilustrasi tanda orang yang bahagia (Pexels/Andrea Piacquadio)

9. Menularkan kebahagiaan pada orang disekitarnya

Kebahagiaan itu menular, tutur Michelle Keeley. Ia menambahkan, memberikan kembali kebahagiaan pada orang lain adalah cara terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan dalam hidup Anda.

10. Menganggap hidup tidak terlalu serius

Bukan berarti melepas tanggung jawab, tetapi melunaskan tanggung jawab dengan tetap bisa tersenyum. Bahkan orang bahagia memiliki selera humor yang bisa menghibur orang-orang disekitarnya.

Apakah Anda memiliki semua tanda di atas? Pertahankan kebahagiaan Anda, ya, sebab ternyata orang bahagia memiliki kesehatan fisik yang baik.