Kaspersky: 49 Persen Perusahaan Industri Mengalami Masalah Jaringan Setiap Bulan

JAKARTA - Perusahaan industri biasanya beroperasi menggunakan infrastruktur yang tersebar secara geografis dengan pabrik, kantor cabang, dan fasilitas penting lainnya yang berlokasi di tempat yang berbeda. 

Keunikan ini dapat menyebabkan serangkaian masalah seperti masalah logistik, hambatan komunikasi, kesulitan dalam mengoordinasikan operasi, mempertahankan standar kualitas yang konsisten, dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan setempat.

Selain tantangan yang disebutkan di atas, perusahaan industri yang memiliki cabang di berbagai tempat secara berkala menghadapi masalah infrastruktur TI dan keamanan informasi. 

Menurut laporan Kaspersky yang berjudul ‘Managing geographically distributed businesses: challenges and solutions’, sebanyak 49 persen perusahaan manufaktur menganggap bahwa upaya untuk mendeteksi dan menyelesaikan insiden keamanan siber secara efektif adalah tugas yang paling menantang. 

Mereka juga menyebutkan pemantauan penerapan langkah-langkah keamanan (46 persen) dan membangun kebijakan keamanan yang kohesif (42 persen) merupakan kesulitan yang signifikan. 

Hampir 30 persen responden menyatakan bahwa mereka secara teratur mengalami masalah jaringan seperti kegagalan atau gangguan jaringan, kinerja layanan dan aplikasi yang buruk, dan kapasitas koneksi yang tidak memadai. 

Di mana 38 persen dari mereka menghadapi tantangan tersebut satu hingga tiga kali sebulan, sementara 28 persen menghadapinya setiap beberapa bulan, dan 7 persen bahkan mengalaminya setiap minggu.

Mengenai waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan jaringan setelah kegagalan atau gangguan, mayoritas responden (74 persen) mengatakan mereka biasanya membutuhkan waktu antara 1 dan 5 jam. 

Swmentara itu, 15 persen menyatakan mereka menghabiskan waktu tidak lebih dari 1 jam, dan 10 persen lainnya mengaku membutuhkan hingga satu hari kerja penuh. 

"Masalah jaringan di perusahaan industri sering kali mengakibatkan penundaan, penurunan tingkat produksi, kerugian finansial, dan risiko reputasi,” kata Maxim Kaminsky, Manajer Pengembangan Bisnis (Secure Access Service Edge) di Kaspersky. 

Karena menurutnya, ketika jaringan terputus, komunikasi dan proses bisnis terganggu, karyawan kehilangan akses ke informasi penting, dan semua ini menyebabkan penurunan produktivitas dan bahkan mengikis kepercayaan pelanggan.