Ada Layanan Jet Pribadi Mewah London-Dubai untuk Hewan Peliharaan, Terbang Perdana Besok

JAKARTA - Sebuah layanan perjalanan mewah di Uni Emirat Arab (UEA) diluncurkan untuk memungkinkan para jet-setter membawa hewan peliharaan mereka ke dalam pesawat.

Sky Nine di Dubai mengkhususkan diri dalam penyewaan jet pribadi untuk pemilik hewan peliharaan. Penerbangan perdananya, yang akan menggunakan Gulfstream GV, akan terbang antara Farnborough, London, dan Bandara Internasional Al Maktoum, Dubai, pada tanggal 14 Oktober.

Sejauh ini, hewan peliharaan yang sudah terdaftar termasuk dua anjing dachshund, dua bulldog Prancis, dua golden retriever dan satu desert miz, serta dua kucing ragdoll.

Penerbangan itu berkapasitas 16 kursi yang mampu menampung hingga 10 penumpang manusia dan hewan peliharaan mereka untuk alasan keamanan dan kenyamanan.

Sophie Armstrong, pendiri Sky Nine, pindah ke Dubai bersama keluarganya pada tahun 2002. Setelah memiliki anjing hampir sepanjang hidupnya, ia mengatakan memahami rasa frustasi yang dapat terjadi ketika ingin membawa mereka saat liburan.

Hewan peliharaan di pesawat pribadi. (Instagram/skynineae)

"Kami selalu merasa stres saat mengeluarkan peti-peti itu dan khawatir tentang bagaimana hewan-hewan itu akan mengatasinya dalam penerbangan," kata Armstrong kepada The National News, seperti dikutip 10 Oktober.

"Kami kemudian menemukan opsiyang sangat mahal untuk menyewa jet pribadi dengan kaki-kaki yang kosong dan beramai-ramai mengisinya," lanjutnya.

"Jadi kami menemukan sebuah komunitas yang terdiri dari para orang tua yang memiliki hewan peliharaan yang berpikiran sama dan menyadari bahwa sebenarnya ada permintaan yang sangat besar dari orang-orang yang ingin menggunakan pesawat jet untuk bepergian bersama hewan peliharaan mereka. Inilah awal mula lahirnya Sky Nine, sebagai hub di Dubai, untuk membantu orang-orang bepergian dengan hewan peliharaan mereka," urainya.

Untuk menikmati layanan ini, tiketnya dibanderol mulai dari 36.546 dirham UEA (Rp154.911.558), termasuk satu kursi untuk pemilik dan satu kursi untuk satu hewan peliharaan dengan berat 23kg atau dua hewan peliharaan dengan berat kurang dari 23kg.

Menariknya, semua hewan peliharaan dapat melakukan perjalanan di kabin, berapa pun ukurannya. Harga tersebut juga sudah termasuk pilihan bagasi seberat 20kg serta tas tangan. Juga akan ada makanan ringan dan minuman selama penerbangan.

Menjelang penerbangan, Sky Nine akan meminta paspor manusia dan dokumen hewan peliharaan, tetapi perusahaan juga dapat membantu dengan dokumen yang diperlukan untuk masuk dan keluar untuk hewan dengan biaya tambahan, karena sebagian besar negara memiliki persyaratan khusus. Mereka telah bekerja sama dengan perusahaan relokasi hewan peliharaan untuk menyediakan layanan ini.

Hewan peliharaan di pesawat pribadi. (Instagram/skynineae)

Meskipun harganya relatif mahal, Armstrong mengatakan sudah ada daftar tunggu untuk penerbangan kembali pada Bulan November.

Selain ditemani oleh pemiliknya, hewan peliharaan juga akan mendapatkan keuntungan dari sejumlah "kejutan khusus" untuk membuat pengalaman perjalanan yang tidak terlalu menegangkan, kata Armstrong.

"Kami memiliki area untuk hewan peliharaan buang air di dalam pesawat," jelasnya.

"Anjing bisa merasa seperti di rumah sendiri di pangkuan pemiliknya, atau di tempat tidur dan selimutnya sendiri. Penerbangan ini untuk mereka dan mereka adalah pelanggan favorit kami," lanjut Armstrong.

"Kucing harus tetap berada dalam kandang tetapi dapat berada di sisi Anda setiap saat. Sebelum penerbangan, ada area berumput bagi hewan peliharaan untuk buang air dan bertemu dengan teman-temannya," tambahnya.

Armstrong mengatakan, ini adalah cara yang lebih aman untuk bepergian bagi hewan peliharaan brachycephalic (atau berhidung pesek) yang lebih sulit bernapas di dalam peti dan ruang tertutup, terutama selama bulan-bulan yang panas.

"Tidak ada antrian bea cukai atau keamanan. Anda berangkat dan tiba di terminal pribadi sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan keramaian," terangnya.

"Ini adalah cara yang bebas stres untuk bepergian dan hewan peliharaan Anda selalu berada di sisi Anda setiap saat. Anda menghemat biaya boarding dan membawa mereka untuk menikmati liburan, tetapi juga dapat berbagi kabin, bukan hanya tujuan," katanya.

Diketahui, perusahaan ini telah merilis jadwal untuk tahun depan, dengan penerbangan musim panas ke Paris dan Lisbon pada Bulan Juni dan Agustus, berdasarkan permintaan pelanggan.