X Akan Bayar Akun Centang Biru Berdasarkan Interaksi Akun Premium

JAKARTA – Platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengubah sistem Bagi Hasil Kreator di dalam platformnya. Mulai 10 Oktober, iklan yang muncul di kolom komentar tidak akan memengaruhi pendapatan.

Kreator dengan akun centang biru kini akan dibayar berdasarkan interaksi dengan akun Premium lain di konten yang mereka buat. Semakin banyak akun Premium yang meninggalkan komentar dan menyukai postingan, semakin besar juga pendapatannya.

"Anda akan dibayar berdasarkan keterlibatan dengan konten Anda dari pengguna Premium. Jadi, saat pengikut Anda berlangganan X Premium dan terlibat dengan konten Anda, mereka mendukung Anda secara langsung," jelas X melalui akun resminya. 

Melalui kebijakan baru ini, X berusaha menarik lebih banyak pengguna untuk berlangganan akun Premium. Platform milik Elon Musk itu pun mengatakan, "Semakin banyak langganan Premium secara keseluruhan, semakin banyak pula pendapatan yang Anda peroleh."

Sistem baru ini mungkin lebih disukai oleh para pengguna akun Premium. Pasalnya, belum lama ini terungkap bahwa akun-akun dengan centang biru memiliki grup percakapan khusus untuk saling mendukung konten. Mereka akan saling meninggalkan komentar dan tanda suka. 

Namun, hal ini menjadi permasalahan bagi akun non-Premium. Banyak yang menganggap bahwa akun centang biru membuat kualitas konten menurun. Akun-akun ini juga cenderung meninggalkan komentar yang kurang berguna dan menutupi komentar dari akun gratis.

Sebelum X menawarkan bayaran kepada para pengguna akun Premium, postingan yang bermanfaat biasanya dipenuhi dengan komentar yang penuh wawasan. Kini, mayoritas komentar diisi oleh respons yang kurang berguna sehingga perdebatan mengenai akun centang biru terus terjadi.