Deretan Lineup Menarik di Synchronize Fest 2024 Hari Pertama

JAKARTA - Synchronize Fest 2024 akan melangsungkan gelaran hari pertamanya di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Oktober. Gerbang masuk akan dibuka pukul 14.00 WIB.

Di lahan seluas 2,26 hektar akan tersebar delapan panggung dan lebih dari 50 lineup yang menampilkan musisi-musisi terbaik Tanah Air.

Synchronize Fest jadi gelaran musik yang menarik untuk dikunjungi karena usahanya untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda bagi penikmat musik.

Dari puluhan line up yang dihadirkan, terdapat beberapa penampil yang sayang untuk dilewatkan, khususnya pertunjukan spesial yang sejak awal dikonsep untuk hadir di Synchronize.

Bagi penikmat musik yang ingin merasakan pengalaman berbeda saat menghadiri konser, VOI memberi rekomendasi lineup untuk ditonton, mengingat sulit untuk menemui dan merasakan pertunjukan mereka di kesempatan lain.

ERWIN GUTAWA ORCHESTRA: BADAI PASTI BERLALU

Orkestra yang dipimpin Erwin Gutawa akan mengiringi musisi lintas generasi yang akan tampil di atas panggung, yaitu Afgan, Berlian Hutauruk, Bilal Indrajaya, Danilla, Fariz RM, dan Isyana Sarasvati.

Line up ini merupakan penampilan spesial yang ditujukan untuk merayakan album musik terbaik Indonesia yang dirilis tahun 1977, “Badai Pasti Berlalu”.

Album ini melibatkan nama-nama besar di industri musik Indonesia modern, seperti Eros Djarot, Chrisye, Yockie Suryo Prayogo, Berlian Hutauruk, Fariz RM, hingga Keenan Nasution.

Lagu-lagu yang ada dalam album ini, antara lain “Merpati Putih”, “Serasa”, “Khayalku”, “Merpati Putih”, “Semusim”, “Cintaku”, dan lainnya.

BRANG BRENG BRONG: BENYAMIN BIKIN KETRIBUTAN

Line up ini merupakan penampilan spesial yang ditujukan untuk mengenang kebesaran Benyamin Sueb, seniman Betawi yang juga punya pengaruh besar bagi musik Indonesia.

Pertunjukan ini akan menampilkan karya musik ikonik sang legenda, seperti “Hujan Gerimis”, “Kompor Meleduk”, “Abang Pulang”, “Malem Minggu”, dan lainnya.

Musisi yang terlibat dalam pertunjukan ini sangat bervariasi, seperti Abryal Ethnic, Amboro, Batavia Collective, David Bayu, Gugun ‘GBS’, Hudson, Iwa K, Nesia Ardi, Sandhy Sondoro, Sisitipsi, dan Soulfood.

Tidak berhenti sampai di situ, hadir pula para seniman yang kariernya terinspirasi dan dimungkinkan karena pengaruh Bang Ben, yaitu Adul, Benno Benyamin, H. Bolot, Malih, Opie Kumis, dan Rina Nose.

NIKE ARDILLA LIVE BERSAMA

Line up ini ditujukan untuk memperingati Nike Ardilla, artis perempuan muda fenomenal yang mewarnai dunia hiburan Indonesia pada akhir tahun 1980an hingga awal tahun 1990an.

Pertunjukan ini menghadirkan lima penyanyi wanita untuk menyanyikan lagu-lagu mendiang, yaitu Bonita, Danilla, Fanny Soegi, Putri Ariani, dan Tantri ‘Kotak’.

Lagu-lagu yang dibawakan diantaranya berasal dari enam album yang dirilis Nike Ardilla pada tahun 1988-1992, antara lain “Sandiwara Cinta”, “Bintang Kehidupan”, “Seberkas Sinar”, “Tinggallah Kusendiri”, dan lainnya.

Tribute untuk Nike Ardilla memang sudah beberapa kali digelar, namun kehadirannya di festival musik dengan dihadiri puluhan ribu penikmat musik yang didominasi anak muda akan menarik untuk disaksikan.

AK//47

Nama AK//47 mungkin masih asing di telinga penikmat musik Tanah Air. Mereka adalah band grindcore asal Semarang yang dibentuk pada tahun 1999.

Saat ini, band beranggotakan Kesit Agung (vokal, bass), Bhaskoro (gitar), dan Garna Raditya (drum) menetap di Oakland, California, Amerika Serikat dan berkarya di sana.

Album terakhir AK//47, “Menari Dalam Abu Algoritma” dirilis 17 Januari lalu, yang berisikan 10 lagu, antara lain “Dengarkan Yang Muda”, “Memeluk Pohon”, “Budak Algoritma”, dan lainnya.

Mereka akan menggelar tur di Jawa dan Bali selama delapan hari, dimulai dengan penampilan di Synchronize Fest 2024.

Line Up Menarik Lainnya

Selain empat line up di atas, terdapat beberapa penampil yang juga sayang untuk dilewatkan. Karena sekali lagi, mungkin sulit untuk merasakan ulang penampilan mereka di gelaran musik yang menawarkan suasana berbeda seperti Synchronize Fest.

Line up lain yang dimaksud adalah TRISUM (Tohpati, Dewa Budjana, dan Balawan); TIMNAS JATIWANGI (TALAWENGKAR, Mother Bank, dan LAIR); Bondan Prakoso & Fade2Black; Bebop Collective: Salon R&B, The Kick x The Jeblogs; Arrington De Dionyso & Singo Sembrono.

Selain semua nama di atas, tentunya gelaran hari pertama Synchronize Festi 2024 juga menghadirkan nama-nama populer yang belakangan ini meramaikan festival musik besar, seperti Bernadya, Maliq & D’Essentials, Juicy Luicy ft. Adrian Khalif, .Feast, Lyodra, Guyon Waton, FLOAT, Tipe-X, Vierratale, Saykoji, FSTVLST, Nadhif Basalamah, dan masih banyak lagi.