Rahasia Tetap Bugar di Usia 40 Tahun ke Atas: Tidur Teratur hingga Menjaga Pola Makan

YOGYAKARTA – Saat menginjak usia 40 tahun, sangat penting menjaga kebugaran agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.  

Pada usia 40-an, metabolisme tubuh biasanya akan melambat, sehingga tubuh lebih rentan terkena penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, dan stroke.

Risiko penyakit kronis tersebut seringkali diabaikan. Kebanyakan orang baru menyadari pentingnya menjaga kebugaran setelah daya tahan tubuhnya menurun karena penyakit tersebut.

Nah, dalam artikel ini akan dibahas rahasia tetap bugar di usia 40 tahun ke atas. Informasi yang disajikan juga bisa dijadikan sebagai tips untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan aktif di usia 40-an.

Rahasia Bugar di Usia 40 Tahun ke Atas

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah rahasia tetap bugar di usia 40 tahun ke atas yang perlu Anda ketahui:

  1. Tidur teratur dan berkualitas

Rahasia tubuh bugar di usia 40-an yang pertama adalah tidur yang berkualitas dan memiliki pola tidur teratur.

Misalnya, Anda tidur jam 9 malam dan bangun jam 6 pagi, jika rutinitas ini Anda jalankan setiap hari, maka pola tidur Anda dikatakan sudah teratur.

Sementara tidur yang berkualitas adalah tidur selama tujuh hingga delapan jam. Durasi tidur ini direkomendasikan untuk usia 40 tahun ke atas agar tetap sehat dan produktif.

  1. Jangan pernah melewatkan sarapan

Sarapan menjadi hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk memastikan tubuh mendapatkan asupan energi setelah bagun pagi. Sarapan sangat penting untuk metabolism dan membantu tubuh melakukan fungsinya dengan maksimal.

  1. variasi olahraga

Saat menginjak usia 40-an, mungkin Anda perlu mencoba beberapa jenis olahraga yang berbeda dengan yang sehari-hari Anda lakukan.

ketika tubuh dilatih untuk selalu beradaptasi dengan jenis latihan yang berbeda, ini bisa meningkatkan pembakaran kalori dan menjaga metabolisme tubuh.

Untuk melakukannya, Anda bisa mengombinasikan yoga di pagi hari dan latihan fisik di gym di sore hari. Anda juga menggunakan waktu libur untuk trekking atau bersepeda.

  1. Menjaga kadar gula darah

Sering merasa Lelah dan pusing mungkin merupakan pertanda bahwa kadar glukosa darah tidak stabil.

Menjaga keseimbangan gula darah merupakan hal yang penting dilakukan untuk tetap bugar di usia 40-an.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari lonjakan atau penurunan gula darah adalah mengindari asupan karbohidrat kosong, seperti roti putih dan pasta.

  1. Berlatih mindfulness

Berlatih mindfulness atau melakukan hal dengan penuh perhatian bisa membantu Anda mengatur emosi dan menghilangkan stres.

Latihan mindfulness seperti meditasi atau latihan pernapasan, sangat cocok untuk kelompok usia 40-an, lantaran dapat meningkatkan kesejahteraan emosial yang juga akan berpengaruh pada kesehatan fisik.

  1. Menjaga pola makan

Melansir VOI, pola makan untuk usia 40 tahun yakni dengan memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan porsi makan

Konsumsi makanan tinggi serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu pencernaan dan mengurangi risiko obesitas.

Selain itu, hindari makanan tinggi lemak jenuh dan gula berlebih yang dapat memicu penyakit seperti diabetes dan kolesterol tinggi.

Untuk porsi makanannya, seseorang yang sudah berusia 40 tahun ke atas disarankan untuk menyantap makanan dengan porsi yang kecil setiap kali makan. Memangkas asupan kalori saat makan membantu mencegah risiko obesitas akubat metabolisme yang mulai melambat.

Demikian informasi tentang rahasia tetap bugar di usia 40 tahun ke atas. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.