Piala Suhandinata 2024: Indonesia Lolos Perempat Final

JAKARTA – Tim bulu tangkis muda Indonesia sukses lolos ke babak perempat final Kejuaraan Dunia Junior Beregu Campuran 2024 atau Piala Suhandinata usai memastikan diri keluar sebagai juara grup.

Mutiara Ayu Puspitasari dan kawan-kawan mengunci posisi itu usai menang atas Polandia 110-63 dalam laga terakhir fase Grup F di Nanchang International Sports Center Gymnasium pada Rabu, 2 Oktober 2024, siang WIB.

Pada pertandingan ini, keunggulan Indonesia dibuka oleh tunggal putra Bismo Raya Oktora. Dia mengunci kemenangan yang sangat tipis dua angka saja 11-9 ketika melawan tunggal lawan Mateusz Golas.

"Saya tegang karena turun di partai pertama. Saya harus bisa lebih menikmati pertandingan dan lebih rileks lagi buat ke depannya," kata Bismo dalam keterangan yang diterima dari PBSI.

Jarak poin tersebut kemudian dibuat melebar menjadi 22-15 oleh pasangan ganda putra Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo yang bermain di partai kedua melawan Mikolaj Morawski/Krzysztof Podkowinski.

Setelah itu, Indonesia terus mengungguli perolehan poin Polandia dalam pertandingan yang menghabiskan total waktu selama satu jam 30 menit.

Pada laga hidup mati ini, Indonesia mengistirahatkan dua andalan tunggal putra, yakni Mohammad Zaki Ubaidillah dan Richi Duta Richardo.

Keputusan itu terbilang berani karena Polandia dan Indonesia sama-sama mengemas tiga kemenangan sebelum duel ini. Oleh karena itu, Indonesia wajib menang mengingat hanya juara grup yang berhak lolos ke babak berikutnya.

Pelatih Nunung Subandoro mengatakan bahwa secara kualitas empat tunggal putra yang dibawa ke ajang ini levelnya tidak berbeda jauh sehingga ia berani mengambil keputusan mengistirahatkan dua nama itu.

"Walaupun partai penentuan, setelah dievaluasi, bukan meremehkan, siapa pun yang diturunkan saya percaya mereka bisa menyumbang poin. Ini bagian dari strategi," tutur Nunung.

Pada babak perempat final Kamis, 3 Oktober 2024, Indonesia akan berhadapan dengan India yang merupakan juara Grup E. Pertandingan itu bakal digelar pada pukul 15.30 waktu lokal.

"Pada perempat final besok saya optimistis kami bisa melewatinya dengan baik," ujar Nunung lagi.

Rekapitulasi Pertandingan Indonesia vs Polandia

MS1: Bismo Raya Oktora vs Mateusz Golas 11-9

MD2: Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo vs Mikolaj Morawski/Krzysztof Podkowinski 22-15

WS1: Mutiara Ayu Puspitasari vs Kaja Ziolkowska 33-18

WD2: Riska Anggraini/Salsabila Zahra Aulia vs Maja Janko/Kinga Stokfisz 44-31

XD2: Taufik Aderya/Clairine Yustin Mulia vs Krzysztof Podkowinski/Kinga Stokfisz 55-35

MS2: Hendry Leander vs Bartosz Punko 66-40

MD1: Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan vs Mikolaj Morawski/Krzysztof Podkowinski 77-47

WS2: Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi vs Alicja Syrek 88-52

WD1: Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine vs Maja Janko/Kinga Stokfisz 99-56

MD1: Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana vs Mikolaj Morawski/Maja Janko 110-63