Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis muda Indonesia membawa rekor apik menjelang lawan India di babak perempat final Kejuaraan Dunia Junior Beregu Campuran 2024 atau Piala Suhandinata.

Babak delapan besar akan berlangsung di Nanchang International Sports Center Gymnasium, China, pada Kamis, 3 Oktober 2024, pukul 15.30 siang waktu lokal.

Manajer tim, Rionny Mainaky, mengatakan bahwa Indonesia perlu menambah daya juang sekalipun tampil begitu dominan selama babak penyisihan grup.

"Besok masuk lapangan harus sudah panas, sudah siap tempur. Penguasaan lapangan harus baik dan konsisten. Semangat dan daya juang ditambah," ujar Rionny.

Indonesia total memenangi semua atau empat pertandingan selama babak grup. Berturut-turut Tim Merah-Putih mengalahkan Macau, Kepulauan Mariana Utara, Sri Lanka, dan Polandia.

Hasil itu otomatis membuat Mutiara Ayu Puspitasari dan kawan-kawan melanjutkan perjalanan mereka. Pasalnya, hanya juara grup yang berhak mendapat tiket ke babak gugur.

Rionny mengatakan bahwa kekuatan dari tunggal putra dan putri India patut diwaspadai Indonesia. Menurutnya, mereka jauh lebih kompetitif jika dibanding lawan-lawan di babak grup.

"Tunggal putra dan putri India mempunyai kualitas cukup bagus. Di luar itu, mereka juga punya daya juang tinggi. Jadi, anak-anak harus waspada," kata dia.

Jika berhasil lolos ke semifinal, Indonesia akan bertemu pemenang antara Jepang melawan Amerika Serikat. Amerika Serikat membuat kejutan besar dengan mengalahkan Thailand di laga terakhir penyisihan Grup H dengan skor tipis 110-107.

Di bagan lain, China akan menghadapi China Taipei dan Malaysia bertemu Denmark. Salah satu dari empat tim ini akan menjadi lawan Indonesia jika menembus final.