Bagikan:

JAKARTA – Skuad bulu tangkis belia Indonesia bakal memakai strategi memasang pemain-pemain andalan di partai-partai awal ketika melawan Jepang di semifinal Kejuaraan Dunia Junior Beregu Campuran 2024 atau Piala Suhandinata.

Indonesia mencapai babak semifinal turnamen ini setelah mengalahkan Indonesia 110-92 di Nanchang International Sports Center Gymnasium, China, pada Kamis, 3 Oktober 2024, petang WIB.

Manajer tim Indonesia, Rionny Mainaky, mengatakan bahwa Indonesia akan berusaha membuat jarak poin sejauh mungkin di awal-awal laga agar bisa menang.

"Memang idealnya adalah memasang andalan-andalan kami untuk tampil di depan. Jadi, poin bisa berjarak dulu, tetapi tetap belakangnya jangan sampai terkejar," kata dia.

Strategi itu digunakan berkaca dari penampilan melawan India. Di laga tersebut, beberapa wakil Indonesia berhasil mendapat tekanan dari lawan.

Riony mengatakan bahwa Indonesia harus lebih hati-hati lagi ketika melawan Jepang. Selain itu, dia juga menekankan agar pemain tidak boleh grogi dan ragu-ragu

"Berkaca dari penampilan tadi, pasti nanti saya dan tim pelatih akan evaluasi. Besok lawan Jepang kami siapkan strategi terbaik. Dari kekuatan, bisa kami lihat tadi (ketika Jepang) lawan Amerika Serikat mereka ramai," ujar Rionny.

Rionny juga berpesan agar wakil-wakil Indonesia perlu menjaga semangat, keberanian, serta mental. Faktor-faktor seperti ini akan sangat menentukan di atas lapangan.

"Selain itu, saya tekankan bermain bertahan agak riskan dengan gim pendek seperti ini. Jadi, harus menyerang duluan. Beberapa pemain kami coba ubah sedikit polanya untuk tidak bermain pasif," kata dia.

Laga Indonesia versus Jepang dijadwalkan berlangsung pada Jumat, 4 Oktober 2024. Pertandingan tersebut akan dimulai pada pukul 16.00 waktu setempat.