Bagikan:

JAKARTA - Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, dipastikan tetap bisa bermain di laga kontra Jepang dalam lanjutan Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada November 2024. Hal tersebut diungkapkan oleh Manajer Timnas Indonesia, Sumardji.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Jay Idzes harus absen di laga kontra Jepang pada matchday kelima Grup C Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Penyebabnya karena mengacu kepada regulasi Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang mengharuskan pemain absen satu laga jika terkena akumulasi kartu kuning.

Idzes diketahui mendapat kartu kuning pada laga melawan China, 15 Oktober 2024. Sebelumnya, pemain Venezia FC ini juga mendapat kartu kuning saat melawan Vietnam pada Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026, 26 Maret 2024.

Namun, Sumardji menyebut ada pemutihan kartu kuning antara Putaran Kedua dan Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Dengan begitu, peluang Idzes untuk tampil saat melawan Jepang jelas terbuka lebar.

"Jay Idzes tidak akumulasi kartu dikarenakan itu (melawan Vietnam) masih masuk Putaran Kedua. Sementara untuk Putaram Ketiga, pemutihan semua. Yang dihitung hanya Putaran Ketiga," kata Sumardji dalam keterangan dikutip Jumat, 18 Oktober 2024.

Melihat situasi itu, maka Timnas Indonesia hanya akan kehilangan Ivar Jenner saat menjamu Jepang. Jenner mendapat kartu kuning saat melawan Bahrain dan China alias dua laga berturut-turut.

"Yang akumulasi kartu hanya Ivar Jenner," tutur Sumardji.

Sementara itu, Sumardji sudah bisa mendampingi Timnas Indonesia saat melawan Jepang nanti.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya ia terpaksa absen mengawal Skuad Garuda saat melawan China karena mendapat kartu merah pada laga melawan Bahrain.