Bagikan:

JAKARTA - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, mengonfirmasi keadaan bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, yang menjalani debut di klubnya, Venezia. Sempat dikabarkan cedera, Sumardji memastikan kondisi sang pemain dalam keadaan baik.

Jay Idzes menjalani debut di Serie A 2024/2025 pada pekan kedua saat membela Venezia yang bertandang ke markas Fiorentina. Pada laga yang digelar Minggu, 25 Agustus 2024, pertandingan berjalan sengit dengan hasil imbang tanpa gol.

Setelah laga, Jay Idzes yang tampil sebagai starter dikabarkan cedera. Kondisinya itu sempat membuat khawatir karena dia dikabarkan bakal masuk skuat Timnas Indonesia yang akan berlaga di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Soal kondisi Jay Idzes, Sumardji mengaku sudah berkomunikasi langsung dengan sang pemain. Dia sekaligus memastikan bahwa tidak ada cedera yang dialami Jay Idzes usai debutnya.

"Saya sudah komunikasi dengan Jay (Idzes) dan sudah dibalas," katanya dalam keterangan yang dikutip Selasa, 27 Agustus 2024.

"Jadi, info bahwa Jay cedera itu tidak benar. Dia tidak cedera dan sedang bugar. Tidak ada masalah dengan kondisi badannya," tuturnya.

Kondisi Jay Idzes yang ternyata baik-baik saja menjadi angin segar untuk Skuad Garuda. Soalnya, saat ini diketahui bahwa lini pertahanan Timnas Indonesia tengah mengalami krisis.

Penyebabnya, Jordi Amat absen akibat cedera dan Justin Hubner harus menepi akibat akumulasi kartu kuning. Sementara Elkan Baggott tak dipanggil pelatih Shin Tae-yong.

Praktis, Skuad Garuda hanya menyisakan tiga bek tengah, yakni Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, dan Jay Idzes. Keadaan ini membuat Shin Tae-yong selaku pelatih kepala Timnas Indonesia harus menyiapkan skenario khusus untuk menyusun lini pertahanan.

Skuad Garuda sendiri akan mulai menjalani petualangan di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024. Laga perdana dimulai dengan tandang ke markas Arab Saudi pada 5 September 2024.

Setelah itu, Timnas Indonesia melakoni laga kandang dengan menjamu Australia di Jakarta pada 10 September 2024.