Bagikan:

JAKARTA - Bek Timnas Indonesia, Jay Idzes, masuk dalam starting line-up saat Venezia melawan Fiorentina pada pekan kedua Serie A 2024/2025. Hal ini mencatatkan sejarah baru bahwa Idzes menjadi pemain Indonesia pertama yang tampil di liga level tertinggi Italia.

Venezia diagendakan melawat ke markas Fiorentina pada Minggu, 25 Agustus 2024, malam WIB. Berlangsung di Stadion Artemio Franchi, Florence, Italia, Jay Idzes diboyong sang pelatih Eusebio Di Francesco untuk masuk daftar pemain inti.

Momen tersebut sekaligus menjadi debut bek Timnas Indonesia bersama Venezia di Serie A 2024/2025. Pasalnya, pada pekan pertama, Jay Idzes terpaksa harus absen membela I Leoni Alati saat melawan Lazio.

Saat kembali, Jay Idzes langsung dipercaya tampil sebagai starter di laga kontra Fiorentina. Penampilan debutnya ini sekaligus mencatat sejarah karena dia menjadi pemain pertama Indonesia yang berlaga dalam kompetisi sepak bola tertinggi di Italia.

Momen tersebut bisa jadi kesempatan emas bagi Jay Idzes untuk menunjukkan performanya. Apalagi saat ini pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga masih meramu tim untuk tampil di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024.

Dengan masuknya Idzes ke skuad utama Venezia, membuka pintu lebar bagi Shin Tae-yong untuk menyertakannya dalam Skuad Garuda di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Terlepas dari sejarah apik yang ditorehkan Idzes, penampilan membela Venezia terbilang cukup apik. Namun, laga berjalan sengit dan mengharuskan mereka berbagi poin karena imbang 0-0 hingga akhir babak.

Pada debut Serie A itu, Jay Idzes tidak tampil penuh. Ia digantikan Michael Svoboda pada menit ke-68.