Bagikan:

JAKARTA – Indonesia lolos ke final Kejuaraan Dunia Junior Beregu Campuran 2024 atau Piala Suhandinata setelah mengadang Jepang dalam duel dramatis.

Mutiara Ayu Puspitasari dan kawan-kawan hanya unggul lima poin 110-105 dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di Nanchang, China, pada Jumat, 4 Oktober 2024, petang WIB.

Pasangan ganda putri Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine yang turun di partai pertama membawa Indonesia unggul 11-6 atas Mikoto Aiso/Rin Ueno.

Tunggal putra Mohammad Zaki Ubaidillah kemudian turun di partai kedua. Dia dipaksa bermain ketat melawan tunggal tim lawan, Kazuma Kawano, yang sanggup mencetak 10 poin di duel mereka.

Keunggulan Indonesia terus terjaga di partai ketiga yang menampilkan ganda campuran Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana. Pasangan ini membuat jarak poin melebar jadi 11 saat bersua Rui Yamada/Mikoto Aiso.

Jarak dua digit poin juga berhasil dijaga oleh tunggal putri Mutiara yang bermain di partai keempat melawan Mion Yokouchi. Duel kedua pemain berakhir di angka 44-34.

Akan tetapi, enam pertandingan setelah itu perolehan poin antara Indonesia dan Jepang benar-benar berjalan ketat. Jarak keunggulan Indonesia selalu bertahan di satu digit angka saja.

Jepang bahkan sempat dua kali memangkas poin hingga beda empat saja. Situasi itu terjadi di partai kelima 55-51 dan partai kedelapan yang berakhir dengan kedudukan 88-84.

Jarak poin terjauh selama periode tersebut adalah tujuh di kedudukan 66-59 saat Isyana/Rinjani memainkan pertandingan melawan pasangan Ririna Hiramoto/Aya Tamaki.

Sementara itu, Indonesia akan melawan China pada partai final yang berlangsung pada Sabtu, 5 Oktober 2024. Bentrok tersebut akan menjadi partai paling berat buat skuad Merah-Putih.