Bagikan:

JAKARTA – Sebanyak sembilan atlet panjat tebing speed Indonesia berhasil lolos ke babak final IFSC Climbing World Cup 2024 di Seoul, Korea Selatan.

Mereka mendapat hasil itu setelah melalui babak kualifikasi yang berlangsung di Kangnam Spots Climbing Center, Seoul, pada Jumat, 4 Oktober 2024, siang WIB.

Pada ajang ini, Indonesia total mengirim sebanyak 14 atlet. Speed putra dan putri masing-masing mengirim enam wakil, sementara sisa dua lainnya dari nomor lead.

Empat atlet speed putra yang lolos adalah Kiromal Katibin, Veddriq Leonardo, Raharjati Nursamsa, dan Aspar Jaelolo. Dua nama pertama masing-masing mencatat waktu 5,01 detik dan 5,03 detik.

Catatan waktu terbaik berikutnya dipegang oleh Raharjati Nursamsa dengan 5,09 detik di urutan kelima. Lalu disusul Aspar Jaelolo dengan torehan waktu 5,23 detik di urutan ke-13.

Adapun dua atlet putra lainnya, yakni Muhammad Fajri Alfian dan Rahmad Adi Mulyono belum berhasil lolos ke final setelah menempati urutan ke-19 dan ke-21 di babak kualifikasi.

Pada nomor speed putri, Rajiah Sallsabillah termasuk salah satu dari lima wakil yang lolos. Rajiah yang masih dibayang-bayangi cedera lolos dengan mencatat waktu tercepat dengan 6,59 detik.

Dia disusul oleh Nurul Iqamah di urutan ketujuh (7,25 detik), Alivany Ver Khadijah di urutan kedelapan (7,38 detik), dan Susan Nurhidayah di tempat kesembilan dengan catatan waktu 7,39 detik.

Satu nama lainnya yang ikut lolos adalah Puja Lestasi. Sayang, atlet Desak Made Rita Kusuma Dewi yang sebelumnya lolos ke Olimpiade Paris 2024, gagal setelah mengalami false start.

Diketahui, sebanyak 16 atlet tercepat pada babak kualifikasi dari masing-masing nomor berhak melaju ke babak final. Fase ini terdiri dari perempat final, perdelapan final, semifinal, small final, dan big final.

Babak final akan dilaksanakan pada sore hari ini pukul 18.00 WIB atau pukul 20.00 waktu Seoul, Korea Selatan.