Bagikan:

JAKARTA - Indonesia kembali mengamankan satu tiket ke Olimpiade Paris 2024 lewat cabang olahraga panjat tebing. Kali ini kesuksesan diraih oleh Rahmad Adi Mulyono yang turun di nomor speed. 

Pada kejuaraan panjat tebing IFSC Asian Qualifier 2023 di Jakarta, Minggu, 12 November, Rahmad Adi Mulyono keluar sebagai juara. Di babak final Rahmad  menghadapi kompatriotnya, Kiromal Katibin. 

Dalam pertandingan nomor speed putra  itu, Rahmad mencatatkan waktu tercepat 5,35 detik. Sedangkan Katibin gagal mencatatkan waktu lantaran terjatuh sebelum menuntaskan misi. 

Keberhasilan Rahmad di nomor speed ini menjadi kejutan di turnamen ini karena sejatinya yang diunggulkan untuk lolos adalah Veddriq Leonardo atau Kiromal Katibin. Namun, Rahmad membuktikan diri mengalahkan Katibin di final dan menyingkirkan Veddriq di babak perempat final.

“Perasaan saya sangat senang  bisa lolos ke Paris.  Di sini kita juga tuan rumah dan ini hasil kerja keras seluruh Tim Indonesia juga,” kata Rahmad dalam video singkat di akun resmi FTPI dikutip Senin, 13 November.

Selain Rahmad, Indonesia masih memiliki peluang untuk meloloskan satu wakil lagi di nomor speed putra dan putri. Itu karena masih akan digelar babak kualifikasi Olimpiade Paris 2024 di Budapest (Hungaria) dan Shanghai (China) pada awal tahun 2024. 

Dengan lolosnya Rahmad Adi Mulyono, berarti Indonesia telah memastikan dua wakil tampil di Olimpiade Paris 2024. Sebab sebelumnya tiket ke Paris sudah didapat dari cabor panjat tebing melalui Desak Made Rita Kusuma Dewi. 

Atlet asal Bali itu mendapatkannya setelah mengamankan gelar juara Kejuaraan Dunia Panjat Tebing 2023 nomor speed putri.