Bagikan:

JAKARTA – Cabang olahraga panjat tebing memasang target dua medali emas di Olimpiade Paris 2024 yang akan berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024.

Panjat tebing total punya empat wakil yang akan tampil di multievent empat tahunan tersebut.

"Minimal dapat dua medali emas. Doakan semoga bisa dapat dua," kata Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Yenny Wahid, dalam peluncuran seragam tim kontingen Indonesia di Jakarta, Kamis, 4 Juli 2024.

Keempat atlet panjat tebing yang lolos ke Olimpiade Paris 2024 ialah Desak Made Rita Kusuma, Rahmad Adi Mulyono, Veddriq Leonardo, dan Rajiah Sallsabillah.

Mereka semuanya sama-sama turun pada nomor speed putri dan putra. Dengan demikian, cabang olahraga ini otomatis akan mendapat dua medali emas jika keempatnya mencapai babak final.

Yenny mengatakan bahwa keempat atlet ini memiliki peluang untuk memenuhi target sangat besar sekalipun ada China dan Amerika Serikat yang akan menjadi lawan terberat mereka nanti.

"Empat atlet ini cukup stabil secara mental serta sudah merajai podium internasional. Jadi, sudah tidak kaget dan saya merasa mereka sangat siap untuk menjadi juara di Olimpiade nanti," ujar Yenny.

Total Indonesia saat ini sudah punya 29 wakil yang lolos ke Paris nanti. Kontingen Merah-Putih berangkat dengan membawa target meraih lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan Olimpiade.

Pencapaian terbaik Indonesia sebelumnya dengan dua medali emas terjadi di Olimpiade Barcelona 1992. Ketika itu dua medali emas disumbangkan oleh cabang bulu tangkis.