Desak Made Optimistis Dapat Medali Emas di IFSC World Cup
Atlet panjat tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi (Instagram/@desakmaderita01).

Bagikan:

JAKARTA – Atlet panjat tebing nomor speed putri, Desak Made Rita Kusuma Dewi, optimistis mendapatkan medali emas di Piala Dunia Panjat Tebing atau IFSC World Cup.

Ada dua turnamen IFSC World Cup dalam waktu dekat yang siap digelar. Pertama IFSC World Cup seri Wujiang, China, pada 12 April 2024, dan kedua ialah IFSC World Cup seri Salt Lake, Amerika Serikat, pada 3 Mei 2024.

"Pastinya setiap kompetisi selalu harus ada motivasi tersendiri buat menargetkan medali emas," kata Desak Made seusai menjalani latihan di Bekasi.

Desak Made adalah satu dari enam atlet Indonesia yang sudah mendapat tiket Olimpiade Paris 2024. Dia mendapat tiket ke sana setelah meraih medali emas di ajang IFSC Climbing World Championship 2023 yang berlangsung di Bern pada Agustus 2023.

Desak mengatakan bahwa saat ini ia masih memiliki kekurangan pada kelincahan kaki. Hal itu tengah diperbaiki oleh tim pelatih untuk menghadapi ajang-ajang mendatang.

"Kekurangannya ada pada kelincahan kaki yang kurang agresif. Itu menjadi catatan buat saya agar bisa melatih konsentrasi dan lebih lincah lagi buat latihan," kata dia.

Pada cabang olahraga panjat tebing, selain Desak Made, tiket Olimpiade Paris 2024 juga sudah didapat oleh Rahmad Adi Mulyono. Rahmad mendapat lolos ke Olimpiade Paris 2024 usai memastikan gelar juara di final IFSC Asian Qualifier 2023 pada November 2023.

Pada pergelaran Olimpiade Paris 2024, Indonesia menargetkan bisa membawa pulang lebih dari dua medali emas. Jika tercapai, hal itu akan menjadi sejarah buat Indonesia sepanjang sejarah keikutsertaan.

Terkait