Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis muda Indonesia lolos ke babak semifinal Kejuaraan Dunia Junior Beregu Campuran 2024 atau Piala Suhandinata usai menekuk India.

Indonesia mengakhiri pertandingan ini dengan skor ketat 110-92 di Nanchang International Sports Center Gymnasium, China, pada Kamis, 3 Oktober 2024, petang WIB.

Tunggal putra Mohammad Zaki Ubaidillah mendapat kesempatan tampil terlebih dahulu dalam duel tersebut. Dia pun membuka keunggulan tim dengan 11-1 melawan Pranay Shettigar.

"Saya tadi lebih yakin saja saat masuk lapangan. Besok saya harus lebih siap dan tidak boleh lengah," ujar pemain yang akrab disapa Ubed tersebut dalam keterangan.

Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo dan Mutiara Ayu Puspitasari yang turun di partai kedua serta ketiga juga berhasil menjaga keunggulan atas tim lawan.

Pasangan ganda putri Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine kemudian turun di partai keempat. Mereka sempat kecolongan 12 poin melawan Taarini Suri/Shravani Walekar, tetapi tetap membantu Indonesia memimpin.

"Pada awal gim masih kaget dengan permainan lawan. Kami belum pernah bertemu sebelumnya. Selain itu, kami agak gugup tampil di perempat final ini," kata Rinjani.

Isnaya/Rinjani lalu menebus kesalahan mereka di partai ke sembilan. Mereka turun melawan pasangan yang sama dan membuat Indonesia menjauh 99-82.

Kemenangan Indonesia kemudian dikunci oleh pasangan ganda campuran Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana yang turun di pertandingan terakhir.

"Puji Tuhan bisa kembali menjadi penutup di pertandingan ini. Saya cukup tegang karena tadi lawan coba mengejar," ucap Darren.

Pada partai semifinal, Indonesia sudah ditunggu Jepang. Negara tersebut mendapat tiket ke babak semifinal usai mengalahkan Amerika Serikat 110-88.

Rekapitulasi Pertandingan Indonesia vs India

MS1: Mohammad Zaki Ubaidillah vs Pranay Shettigar 11-1

MD2: Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo vs Bhargav Ram Arigela/Viswa Tej Gobburu 22-8

WS1: Mutiara Ayu Puspitasari vs Tanvi Sharma 33-17

WD2: Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine vs Taarini Suri/Shravani Walekar 44-29

XD2: Taufik Aderya/Clairine Yustin Mulia vs Bhavya Chhabra/Shravani Walekar 55-42

MS2: Richie Duta Richardo vs Pranay Shettigar 66-52

MD1: Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan vs Bhargav Ram Arigela/Viswa Tej Gobburu 77-64

WS2: Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi vs Tanvi Sharma 88-74

WD1: Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine vs Taarini Suri/Shravani Walekar 99-82

XD1: Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana vs Bhavya Chhabra/Shravani Walekar 110-92