Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis muda Indonesia berhasil mengamankan kemenangan telak atas Macau di laga pertama Grup F Kejuaraan Dunia Beregu Campur 2024 atau Piala Suhandinata 2024.

Berlaga di Nanchang International Sports Center Gymnasium pada Senin, 30 September 2024, siang WIB, Mutiara Ayu Puspitasari dan kawan-kawan pun menang telak dengan skor akhir 110-58.

Pada pertandingan tersebut, tunggal putra Mohammad Zaki Ubaidillah turun di partai pertama. Ia membuka keunggulan Indonesia 11-3 ketika bersua dengan Tong Chon In.

"Bersyukur bisa mengatasi gugup dari sebelum masuk lapangan sehingga saat masuk sudah lebih rileks. Pemanasan yang baik menjadi salah satu faktor yang memengaruhi," kata Zaki usai laga.

Pada partai kedua, ganda putra pertama Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan memperlebar jarak poin menjadi 22-6 atas Chang Chi Chon/Chio Chi Seng.

Mutiara Ayu Puspitasari, yang menjabat sebagai kapten tim, kemudian menjaga keunggulan tersebut ketika turun di partai ketiga. Ia menghentikan perlawanan Chan Hao Wai dan mengubah skor menjadi 33-17.

"Tadi saya mencoba untuk terus menjauhkan poin dari lawan karena ini sistemnya estafet, jadi kami harus meneruskan. Kalau poinnya sudah berbeda jauh, rekan yang akan turun selanjutnya jadi lebih mudah," ujar Mutiara.

Tujuh wakil Indonesia lainnya yang bermain setelah itu, juga tidak menemui hambatan sama sekali. Ganda putri Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine yang turun di laga keempat juga berhasil membuat skor berjarak semakin jauh menjadi 44-22.

Berturut-turut setelah itu, Indonesia menampilkan Taufik Aderya/Clairine Yustin Mulia, Richie Duta Ricardo, Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo, Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi, Riska Anggraini/Salsabila Zahra Aulia, dan ditutup oleh Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana.

"Senang bisa dipercaya ada di tim ini dan tadi diturunkan di partai terakhir sebagai poin penentu. Memang di pertandingan ini kami harus menyerang terus untuk mendapat poin," kata Darren.

Hasil ini menjadi modal bagus untuk melangkah ke pertandingan selanjutnya. Indonesia dijadwalkan menghadapi Kepulauan Mariana Utara di laga lanjutan penyisihan Grup F pada sore nanti.

Rekap Pertandingan Indonesia vs Macau

Tunggal Putra I: Moh Zaki Ubaidillah vs Tong Chon In 11-3

Ganda Putra I: Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan vs Chang Chi Chon/Chio Chi Seng 22-6

Tunggal Putri I: Mutiara Ayu Puspitasari vs Chan Hao Wai 33-17

Ganda Putri I: Isyana Syahira Meida/Rinjani Kwinara Nastine vs leong Sam Kio/Wang Wai Kei 44-22

Ganda Campuran I: Taufik Aderya/Clairine Yustin Mulia vs Kou Sin Iong/Wong Lei Ian 55-28

Tunggal Putra II: Richie Duta Richardo vs Tong Chon In 66-36

Ganda Putra II: Dexter Farrell/Wahyu Agung Prasetyo vs Chang Chi Chon/Ou Ka Hou 77-41

Tunggal Putri II: Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi vs Chan Hao Wai 88-49

Ganda Putri II: Riska Anggraini/Salsabila Zahra Aulia vs Ung Cheok Ian/Wang Wai Kei 99-54

Ganda Campuran II: Darren Aurelius/Bernadine Anindya Wardana vs Kou Sin Iong/Wong Lei Ian 110-58