PSSI Beri Alasan Pengambilan Sumpah WNI Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Dilakukan di Belgia

JAKARTA - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan alasan mengapa Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjalani sumpah warga negara Indonesia (WNI) di Brussels, Belgia, pada Senin, 30 September 2024, malam WIB. Ketersediaan waktu yang sempit disebut Erick Thohir jadi alasan utamanya.

"Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia," kata Erick Thohir dalam keterangan resmi yang dikutip Selasa, 1 Oktober 2024.

Proses pengambilan sumpah WNI yang dikebut ini tak lepas dari harapan agar keduanya bisa segera bergabung Timnas Indonesia secepatnya.

Apalagi dalam waktu dekat Skuad Garuda akan kembali melanjutkan agenda di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas Indonesia berlaga melawan Bahrain dan China, Oktober nanti," tuturnya.

Erick mengatakan pihaknya bergerak gesit selama satu pekan terakhir untuk mengebut naturalisasi dua pemain keturunan Belanda tersebut.

Ia memastikan seluruh pihak saling bekerja sama untuk mewujudkan hal ini.

"Ini kerja sama semua pihak. Saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia. Sebelum pengambilan sumpah setia warga negara Mees dan Eliano dilaksanakan di Brussel, Belgia, gerak cepat dijalani PSSI dalam kurun waktu seminggu," ujarnya.

"Mulai dari pembahasan di Komisi III dan X DPR. Kemudian, pada hari yang sama terjadi pertemuan antara Ketua Umum PSSI dan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, untuk pembahasan pengambilan sumpah WNI di luar negeri."

"Hingga penerbitan Keputusan Presiden yang berujung pada pengambilan sumpah Mees dan Eliano sebagai warga negara Indonesia," kata Ketum PSSI.

Mees Hilgers saat ini berstatus pemain FC Twente, sementara Eliano Reijnders kini merupakan penggawa PEC Zwolle.

Mees Hilgers memiliki darah Indonesia dari garis Ibunya. Kakek dan nenek Hilgers dari garis Ibu disebutkan lahir di Indonesia.

Setelah resmi menjadi WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders diharapkan sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia saat menghadapi Bahrain dalam pertandingan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Jadwal Indonesia vs Bahrain akan digelar di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, pada 10 Oktober 2024.

Setelah itu Indonesia akan menghadapi China di Stadion Qingdao, pada 15 Oktober 2024.