Bagikan:

JAKARTA - Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akhirnya rampung dijalani pada Senin, 30 September 2024, malam WIB. Kedua pemain itu kini telah resmi menyandang status warga negara Indonesia (WNI) setelah menjalani sumpah di Brussels, Belgia.

Rampungnya naturalisasi Mees dan Eliano ini diapresiasi Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir. Menurutnya, percepatan pengurusan WNI terhadap kedua pemain di luar negeri bukan hal spesial, tapi lebih kepada fleksibilitas mengingat waktu serta kebutuhan Timnas Indonesia menjelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Saya berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III DPR, Komisi VI DPR, Dirjen AHU dan Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan sumpah WNI dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano," kata Erick Thohir dalam keterangan resmi yang dikutip Senin, 30 September 2024.

"Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia."

"Sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas Indonesia berlaga melawan Bahrain dan China, Oktober 2024. Ini kerja sama semua pihak. Saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia," katanya lagi.

Pengambilan sumpah WNI Mees dan Eliano dihadiri wakil dari Kemenkumham, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU), Cahyo Rahadian Muzhar, yang disaksikan Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

"Saya sangat berharap dukungan yang sudah diberikan maksimal dari semua pihak akan makin memperkuat Timnas Indonesia di dua laga tandang yang sangat krusial melawan Bahrain dan China," tutur Erick Thohir.

"Saya optimistis, coach Shin Tae-yong akan punya strategi dan game plan baru dengan kehadiran dua pemain yang merupakan andalan di klubnya masing-masing," ujar Ketum PSSI itu.

Timnas Merah-Putih dijadwalkan tandang melawan Bahrain pada Kamis, 10 Oktober 2024, dan China pada 15 Oktober 2024.