Erik ten Hag di Ujung Tanduk, Diberi Kesempatan Dua Pertandingan

JAKARTA - Nasib Erik ten Hag di Manchester United genting setelah kekalahan telak dari Tottenham Hotspor 0-3 pada pekan keenam Liga Inggris 2024/2025, Minggu, 29 September 2024.

Manajer asal Belanda itu sudah ditekan untuk mundur oleh suporter karena cuma meraup tujuh poin dari enam laga, dua kemenangan, satu seri, dan tiga kekalahan.

The Sun bahkan mengabarkan bahwa nasib Ten Hag di ujung tanduk. Dia hanya diberi kesempatan dua pertandingan untuk menyelamatkan kursinya di Old Trafford.

Dua laga yang dimaksud ialah partai tandang melawan Porto di Liga Europa dan Aston Villa di Liga Inggris.

Namun, Ten Hag tampak tak terlalu mengindahkan tekanan yang mengarah kepadanya. Soalnya, dia masih percaya petinggi Manchester United masih tetap pada kesepakatan musim panas kemarin.

"Saya tidak memikirkan hal ini (kehilangan pekerjaan). Kami semua membuat keputusan di musim panas untuk tetap bersama."

"Kami juga membuat keputusan dari ulasan yang jelas apa yang harus kami tingkatkan dan bagaimana kami ingin membangun skuad," ujar Ten Hag.

Lebih lanjut, Ten Hag punya alasan mengapa performa Manchester United masih inkonsisten. Ia meminta publik bersabar.

"Kami tahu itu akan memakan waktu. Bagaimana jendela transfer berjalan, beberapa pemain terlambat datang, seperti (Manuel) Ugarte."

"Kami juga harus melakukan beberapa peningkatan dalam organisasi (menyeluruh). Kami masih mengalami beberapa cedera, kami perlu waktu."

"Kami semua berada di satu halaman atau dalam satu kapal bersama, kepemilikan, staf dan para pemain juga. Saya tidak memiliki kekhawatiran itu (kehilangan pekerjaan)," tutur Ten Hag.

Sementara itu, hasil minor kontra Spurs menjadi puncak kemarahan suporter lantaran memperpanjang torehan tanpa kemenangan dalam tiga laga beruntun di semua ajang.

Terlebih, partai melawan Tottenham membuat The Red Devils kehilangan Bruno Fernandes yang mendapat kartu merah.

Kobbie Mainoo juga mengalami cedera pada babak pertama sehingga harus ditarik sebelum turun minum.

"Saya tidak bisa mengatakan saat ini. Saya harus mencari tahu, tetapi tentu saja ketika seorang pemain sudah keluar sebelum jeda, maka ada beberapa kekhawatiran," kata Ten Hag menyikapi kehilangan Mainoo.

Sebelum kalah kontra Spurs, Manchester United bermain seri 1-1 melawan FC Twente pada Liga Europa di Old Trafford.

Kemudian, The Red Devils juga cuma mendapat satu poin saat bertamu ke markas Crystal Palace.