Hyundai Motor akan Kembangkan Robot Pemadam Kebakaran Tanpa Awak untuk Parkiran Bawah Tanah

JAKARTA - Hyundai Motor Group mengatakan pada Hari Kamis, pihaknya berencana mengembangkan robot pemadam kebakaran tanpa awak untuk menangani kebakaran kendaraan listrik di tempat parkir bawah tanah.

Grup otomotif tersebut mengatakan akan bermitra dengan Badan Pemadam Kebakaran Nasional dalam mengembangkan robot pemadam kebakaran tersebut pada akhir tahun dan menggunakannya secara nyata mulai tahun 2026, seperti dikutip dari The Korea Times 26 September.

Hyundai Motor Group menyatakan niatnya untuk menyediakan peralatan pemadam kebakaran kepada pemerintah melalui Kementerian Perdagangan, Industri dan Energi pada Bulan Agustus.

Badan pemadam kebakaran mengusulkan untuk mengembangkan kendaraan pemadam kebakaran menggunakan platform kendaraan tanpa awak multiguna Hyundai Rotem dengan melengkapinya dengan meriam air dan meningkatkan ketahanannya terhadap panas.

Setelah diskusi lebih lanjut dan demonstrasi platform kendaraan tersebut bulan ini, kedua belah pihak mencapai kesepakatan akhir untuk mengembangkan bersama robot pemadam kebakaran tanpa awak tersebut.

Badan tersebut berencana untuk menggunakan prototipe robot pemadam kebakaran tanpa awak tersebut untuk operasi uji coba pada paruh pertama tahun depan.

Berdasarkan masukan, lembaga tersebut bermaksud untuk mendistribusikan unit-unit terbaru ke tim penyelamat pemadam kebakaran khusus regional pada akhir tahun 2026.

Robot tersebut diharapkan dapat memungkinkan pemadaman api yang dikendalikan dari jarak jauh, sehingga memberikan solusi yang efektif untuk kebakaran di fasilitas bawah tanah, yang sulit atau berbahaya bagi petugas pemadam kebakaran untuk masuk, kata kelompok tersebut.