5 Tips Menyimpan Uang Tunai saat Travelling agar Aman dari Copet dan Perampok

YOGYAKARTA - Menyimpan uang tunai saat traveling seringkali menjadi dilema tersendiri ketika si satu sisi uang tunai sangat praktis untuk transaksi kecil. Lantas bagaimana tips menyimpan uang tunai saat travelling agar aman?

Agar momen liburan Anda tetap seru, penting untuk mengetahui cara menyimpan uang tunai dengan aman. Simak tips-tips berikut ini.

Tips Menyimpan Uang Tunai saat Travelling

Dilansir dari Travelex Insurance, berikut ini lima tips dan trik yang direkomendasikan untuk membantu menjaga keamanan uang tunai Anda saat bepergian:

  • Gunakan Metode Penyimpanan Berbagai Tempat

Jika Anda memisahkan dan menyimpan uang tunai Anda di beberapa lokasi, maka kecil kemungkinan semuanya akan dicuri sekaligus. Namun jika Anda bepergian dengan seseorang, pertimbangkan untuk membagi uang antara Anda berdua.

Akan tetapi, jika tempat tinggal Anda aman, maka sebaiknya tinggalkan sebagian di sana tetapi tetap disembunyikan. Jika bisa, batasi uang tunai Anda dan gunakan kartu kredit jika memungkinkan.

  • Simpan Uang Tunai di Tubuh Anda

Kedua Anda bisa sembunyikan uang tunai di beberapa lokasi, salah satunya adalah di tubuh Anda. Hindari menyembunyikan uang tunai di ransel atau tas Anda, karena cara ini  terlalu jelas.

Jika secara konvensional akan dianggap lebih aman menyimpan uang di dompet Anda di saku depan, namun cara ini tidak lagi berlaku. Percaya atau tidak, pencopetan di masa kini telah berkembang.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Liburan di Turki Sebaiknya Bulan Apa? Cek Jadwalnya di Sini

Simpan Uang Tunai di Tubuh Anda (freepik)

Selain saku atau ransel/tas Anda, ada banyak pilihan untuk menyimpan uang tunai Anda di berbagai bagian tubuh lainnya:

    • Gunakan sabuk dengan dompet tersembunyi yang dijahit di dalamnya
    • Jahit saku tersembunyi Anda sendiri ke dalam jeans Anda
    • Selendang dan bra wanita dengan saku tersembunyi
    • Dompet kaki rahasia
    • Dompet pergelangan tangan dekoratif
    • Sabuk uang tersembunyi
    • Gunakan kaus kaki atau sepatu Anda
  • Jauhkan Uang Tunai dari Pandangan

Perhatikan cara Anda menangani uang tunai di depan umum. Saat Anda mengeluarkan uang untuk membayar sesuatu, keluarkan dalam jumlah kecil agar Anda tidak memamerkan tumpukan uang yang besar.

Selain itu, rencanakan terlebih dahulu dengan menyimpan uang kecil di suatu tempat di tubuh, sehingga Anda hanya dapat mengeluarkan apa yang Anda butuhkan.

  • Gunakan Dompet Palsu

Cara ini adalah pengalihan yang bagus jika Anda pernah berada dalam situasi berbahaya. Gunakan dompet atau dompet koin bekas dengan sedikit uang di dalamnya dan beberapa kartu tidak berguna lainnya yang terlihat sah.

Apabila Anda apes dan dirampok, maka Anda dapat menyerahkan dompet palsu ini dengan mengetahui uang tunai dan kartu asli Anda tersembunyi dengan aman.

  • Jangan Percaya pada Tempat Penyimpanan Hotel

Sayangnya, tempat penyimpanan hotel tersebut tidak selalu "aman". Banyak hotel tidak bertanggung jawab atas kehilangan, jadi sebaiknya Anda menyimpan dokumen penting dan uang tunai Anda pada Anda saat keluar dan berkeliling.

Cara ini terutama berlaku jika Anda bepergian ke luar negeri. Penting untuk selalu membawa paspor, kartu kredit, dan dokumen penting lainnya bersama Anda.

Kemudiaan, untuk jaga-jaga selalu kirimkan email kepada diri sendiri dengan salinan semua dokumen Anda sebelum bepergian..

Selain tips menyimpan uang tunai saat travelling, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari VOI dan follow semua akun sosial medianya!