Akses iOS 17.6.1 Ditutup, Pengguna iOS 18 Tidak Bisa Turunkan Versi OS

JAKARTA – Apple baru merilis versi stabil dari iOS 18 pada 16 September lalu, tetapi signing terhadap versi iOS 17.6.1 telah dihentikan. Akibatnya, pengguna iPhone tidak bisa melakukan downgrade jika ada masalah.

Saat ini, pengguna iPhone diberi pilihan untuk tetap menggunakan iOS 17.7 dengan patch keamanan terbaru atau beralih ke iOS 18 dengan fitur yang lebih baru. Namun, berdasarkan temuan 9to5mac, tidak ada file IPSW yang tersedia untuk iOS 17.7.

Artinya, jika pengguna sudah beralih ke iOS 18, tidak ada kesempatan untuk melakukan downgrade atau menurunkan versi iOS. Hal ini bisa menjadi masalah jika sistem operasi (OS) terbaru dari Apple menyertakan banyak bug yang mengganggu kinerja iPhone.

Padahal, sudah menjadi rahasia umum bahwa rilis iOS terbaru selalu menyertakan bug yang dapat merusak fitur atau aplikasi tertentu. Ketika pengguna sudah terlanjur menggunakan iOS 18 dan mendapatkan bug, mereka perlu menunggu pembaruan berikutnya dari Apple yang menyertakan perbaikan bug.

Pembatasan downgrade ini juga terjadi di iPad. Satu-satunya perangkat yang masih bisa menurunkan versi OS adalah iPad Pro M4 karena terdapat bug yang sangat serius. Bug ini membuat iPad tidak berfungsi setelah diperbarui ke iPadOS 18.

Apple sengaja merilis file IPSW untuk iPadOS 17.7 kepada model iPad yang mendapatkan bug sehingga pengguna bisa menurunkan versi OS untuk mengembalikan fungsi iPad. Perusahaan itu juga telah menghapus pembaruan iPadOS 18 untuk iPad M4.

Setelah bug-nya diperbaiki, Apple akan kembali merilis iPadOS 18 kepada seluruh pengguna. Namun, untuk menghindari bug yang tersisa, sebaiknya pengguna iPad tidak memperbarui OS mereka ke versi yang terbaru hingga beberapa waktu ke depan.