Bagikan:

JAKARTA – YouTube menguji chatbot berbasis Kecerdasan Buatan (AI) pada akhir tahun lalu untuk memudahkan pengguna dalam memahami isi konten. Setelah diuji hampir setahun, fitur tersebut akhirnya diluncurkan.

Melalui akun resminya di platform X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, YouTube mengungkapkan bahwa fitur ini baru diluncurkan untuk seluruh pengguna di AS. Alat percakapan berbasis AI ini hanya tersedia untuk pelanggan YouTube Premium.

"Alat AI percakapan kami diperluas ke semua anggota YouTube Premium AS dengan perangkat Android. Gunakan alat ini untuk mendalami konten lebih dalam dengan mengajukan pertanyaan tentang apa yang Anda tonton atau untuk rekomendasi video serupa," jelas YouTube.

Selain dibatasi untuk pengguna Premium, YouTube juga membatasi akun yang dapat mengakses fitur ini. Chatbot YouTube hanya tersedia dalam bahasa Inggris untuk pengguna di atas 18 tahun. Belum diketahui kapan fitur ini akan diluncurkan di perangkat iOS.

"Alat percakapan ini memungkinkan Anda mendapatkan jawaban atas pertanyaan tentang video yang sedang Anda tonton," ungkap YouTube. "Untuk menggunakan alat ini, Anda harus menggunakan perangkat Android. Ketersediaan dapat berubah di masa mendatang."

Meski diluncurkan secara khusus untuk pengguna Premium, fitur yang disebut Alat AI Percakapan ini juga tersedia untuk sejumlah kecil akun non-Premium. Namun, fitur ini hanya tersedia secara gratis di beberapa video pembelajaran akademis.

YouTube tidak menjelaskan kapan fitur ini diperluas ke lebih banyak negara. Jika fitur ini sudah diluncurkan ke luar AS, pengguna bisa menggunakan Alat AI Percakapan dengan cara membuka video apa pun yang ingin diputar, lalu klik tombol Tanya di bagian bawah video.