Bagikan:

YOGYAKARTA – Platform video populer YouTube akan menghadirkan fitur baru bernama YouChat. Menariknya, fitur baru ini akan dilengkapi dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Lalu apa itu YouChat sebenarnya?

Apa Itu YouChat

YouChat YouTube adalah chatbot berbasis AI yang dimiliki dan sedang dikembangkan oleh YouTube. Keberadaan YouChat akan memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi dengan pengguna YouTube tanpa menggangu pemutaran video. Artinya, video yang diputar oleh pengguna tak akan berhenti meski di saat yang bersamaan pengguna mengakses chatbot.

Manfaat YouChat adalah untuk memberikan jawaban atas pertanyaan pengguna tentang video yang mereka tonton, mendapat rekomendasi video, hingga mendapat informasi yang tersedia di YouTube.

Dikutip dari situs openaisea, YouChat didukung dengan model bahasa yang canggih dengan mengandalkan kumpulan data teks dan kode yang sangat besar. Dengan begitu chatbot milik YouTube mampu memahami sertamerespons berbagai petunjuk dan pertanyaan.

Fitur YouChat masih di tahap pengujian, namun pihak YouTube mengatakan bahwa fitur ini akan segera dirilis. Di tahap awal perusahaan akan memperkenalkan fitur ini ke pengguna Android YouTube Premium namun masih terbatas di Amerika Serikat.

Cara Menggunakan YouChat YouTube

Nantinya chatbot ini akan muncul dengan logo tanda tanya. Cara menggunakannya pun cukup mudah sehingga bisa dipahami oleh seluruh pengguna tanpa batasan usia dengan cara berikut ini, dikutip dari openaisea, Jumat, 10 November.

  • Klik ikon tanda tanya yang letaknya ada di sudut kanan bawah video
  • Pengguna akan dibawa ke jendela obrolan. Di room ini pengguna dapat menuliskan pertanyaan tentang video tersebut. Contoh pertanyaan yang bisa diajukan seperti siapa saja orang yang ada dalam video, bagaimana sejarah topik yang diusung video, hingga rekomendasi video lain dengan topik yang sama.

Manfaat YouChat YouTube

Hadirnya YouChat YouTube ini cukup memberikan manfaat yang besar bagi pengguna. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan adalah sebagai berikut.

  • Mendapat Pemahaman Lebih Dalam

Pengguna akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam terkait topik yang diusung oleh video sesuai preferensi Anda. Bahkan, pemahamannya tidak sampai sebatas itu, pengguna bisa mengetahui siapa saja yang terlibat dalam video hingga latar belakang dan sejarah topik.

  • Menemukan Konten Baru

Pengguna akan mendapatkan rekomendasi video lain berdasarkan minat dan preferensi pengguna. Video yang direkomendasikan pun lebih tertarget.

  • Lebih Efektif

YouChat AI mampu menyederhanakan proses pencarian informasi, menghilangkan kebutuhan untuk meninggalkan video atau mencari di internet.

Fitur Lain YouTube

YouTube juga akan menyajikan fitur tambahan dari rangkaian tool berbasis AI lain. Baru-baru ini platform tersebut mengumumkan keberadaan tools tersebut pada bulan September di acara “It’s Made on YouTube”.

Beberapa fitur lain seperti YouTube Create yakni aplikasi baru yang mampu mengoptimasi pengeditan, efek, filter, dan transisi video. Selain itu ada Dream Screen hinga Aloud berupa tool sulih suara berbasis AI.

Selain terkait apa itu YouChat, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.