Pengertian, Manfaat, hingga Cara QRT di Twitter
Ilustrasi Twitter (pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Istilah QRT di Twitter tentu bukan hal asing lagi. Namun, sebagian orang terutama pengguna media sosial Twitter yang baru tentu masih asing dan bertanya-tanya pengertian dan cara QRT di Twitter.

Artikel ini akan membahas hal-hal seputar QRT di Twitter, mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara melakukan QRT di aplikasi media sosial berlogo burung biru tersebut.

Apa Itu QRT di Twitter?

QRT adalah kependekan dari “quote retweet”. Akativitas tersebut merujuk pada penyertaan cuitan lain  di Twitter dengan penambahan komentar terkini. Dalam bahasa Indonesia, QRT atau quote retweet bisa diartikan dengan Tweet Kutipan. Tweet yang dikutip bisa bermacam-macam, mulai dari cuitan diri sendiri yang telah diposting sebelumnya, atau cuitan orang lain.

Aktivitas QRT bisa dilakukan pada berbagai konten, baik teks, video, gambar, hingga link. Biasanya QRT dimanfaatkan untuk memberikan tanggapan atau pendapat atas cuitan lain sehingga dapat memicu komentar lain, bahkan terjadi proses diskusi.

Cara QRT di Twitter

Cara membuat Tweet Kutipan di Twitter sangat mudah dan sederhana. Anda bisa melakukannya baik lewat aplikasi maupun browser. Cara QRT Twitter adalah sebagai berikut.

  1. Login ke akun Twitter;
  2. Setelah itu cari cuitan yang ingin dikutip;
  3. Klik tombol “Retweet” yang berupa anak panah, letaknya di antara logo komentar dan logo hati;
  4. Lalu klik “Kutip Tweet” atau “Quote Tweet”
  5. Pengguna akan dibawa ke kolom cuitan baru, dan cuitan yang akan dikutip telah tertempel otomatis. Bagikan tanggapan atau komentar atas cuitan yang Anda quote. Komentar bisa berupa teks, gambar, GIF, emoji, dan sebagainya.

Manfaat QRT di Twitter

Para pengguna Twitter memanfaatkan fitur quote retweet untuk berbagai keperluan yakni sebagai berikut.

  1. Membagikan komentar atas suatu cuitan
  2. Memancing interaksi pengguna Twitter lain
  3. Membangikan pendapat tentan cuitan seseorang atau suatu isu
  4. Sebagai media berinteraksi pada umumnya
  5. Salah satu cara mengkoreksi cuitan yang misleading atau semacamnya.

Itulah cara QRT di Twitter. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.