Apa Itu Pangsa Pasar? Ini Pengertian, Cara Menghitung, Manfaat, hingga Cara Meningkatkannya
Ilustrasi market (Franki Chamaki on Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ternyata masih ada pelaku bisnis yang justru tak memahami dengan baik apa itu pangsa pasar. Padahal pengetahuan tersebut sangat dibutuhkan untuk memasarkan produknya, bahkan berkaitan dengan untung-rugi suatu bisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut rangkumannya.

Apa Itu Pangsa Pasar

Secara umum pangsa pasar adalah sebuah istilah yang sangat umum digunakan dalam kegiatan bisnis baik berupa barang maupun jasa.

Pengertian apa itu pangsa pasar tentu tidak sesederhana itu. Beberapa orang mendefinisikan pangsa pasar atau market share sebagai total permintaan produk dari sekelompok konsumen yang bisa dibagi sesuai dengan kriteria tertentu seperti usia, jenis kelamin, domisili, pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Secara sederhana, pengertian pangsa pasar adalah presentasi produk suatu perusahaan yang berhasil dijual dalam komunitas secara menyeluruh yang jadi target konsumen.

Cara Menghitung Pangsa Pasar

Untuk mengetahui pangsa pasar, perusahaan atau UMKM bisa melakukan penghitungan dengan rumus. Namun tentukan dulu periode penjualan yang akan diketahui pangsa pasarnya. Setelah itu, cara menghitung pangsa pasar adalah dengan rumus sebagai berikut

Penjualan perusahaan selama periode yang sudah ditentukan dibagi [:] total penjualan industri di periode yang sama lalu dikali (X) 100%. Hasilnya akan menunjukkan presentase pangsa pasar perusahaan Anda.

Selain dengan metode tersebut, pangsa pasar juga bisa diketahui dengan cara menghitung jumlah produk atau unit yang bisa dijual oleh perusahaan lalu bandingkan dengan total unit yang berhasil dijual oleh perusahaan lain di industri yang sama. Cara ini bisa dilakukan asal data penjualan perusahaan lain bisa diketahui.

Manfaat Mengetahui Pangsa Pasar

Perusahaan yang tahu data terkait pangsa pasar akan memudahkan mereka dalam beberapa hal yakni sebagai berikut.

  1. Tahu Potensi Bisnis

Salah satu cara mengetahui potensi suatu bisnis adalah menganalisa pasar meliputi seberapa pesar pangsa pasar yang didapat suatu perusahaan. Bisa dengan tahu pangsa pasar perusahaan sendiri maupun perusahaan lain yang sejenis.

  1. Tahu Posisi Perusahaan

Perusahaan yang sudah mulai menyalurkan produknya harus tahu posisinya di mata konsumen. Posisi perusahaan menyangkut kebutuhan yang disediakan produk hingga tingkat kepercayaan terhadap konsumen. Hal ini bisa dilihat dari angka pangsa pasar yang berhasil diraih perusahaan.

  1. Mengetahui Kompetitor

Perusahaan juga harus tahu siapa kompetitor yang berhasil meraup pangsa pasar tertinggi agar bisa dilakukan langkah analisis demi kepentingan strategi marketing dan pengembangan produk.

  1. Pengembangan Pasar

Perusahaan tidak bisa melakukan pengembangan pasar tanpa tahu seberapa besar pangsa pasar yang mereka raih. Pengembangan pasar dilakukan dengan melakukan analisis pasar terutama yang berkaitan dengan pengkategorian konsumen.

Cara Meningkatkan Pangsa Pasar

Meningkatkan pangsa pasar berarti meningkatkan penjualan produk perusahaan. Untuk melakukannya ada beberapa strategi yang umum dilakukan yakni sebagai berikut.

  1. Menyediakan Produk Sesuai Kebutuhan Pasar

Produk yang baik adalah produk yang menjawab kebutuhan pasar. Asas ini harus dipenuhi terlebih dahulu agar penjualan terus mengikuti permintaan pasar.

  1. Pertimbangkan Harga yang Baik

Harga ikut menentukan laku atau tidaknya produk suatu perusahaan. Menentukan harga bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari menghitung BEP dengan memperhitungkan pasar mana yang akan dibidik.

  1. Jangan Takut Berinovasi

Menyediakan kebutuhan pasar saja tidak cukup karena kebutuhan setiap orang akan terus berkembang menyesuaikan zaman. Oleh karenanya perusahaan harus berani berinovasi terlebih pada produk teknologi.

Selain terkait apa itu pangsa pasar, dapatkan informasi menarik lainnya dengan mengunjungi VOI.ID.