Jelang Paris Auto Show 2024, Alpine Siap Tantang Porsche Macan EV dengan Mobil Ini

JAKARTA - Paris Auto Show 2024 yang digelar pada 14-20 Oktober mendatang akan menjadi saksi lahirnya penantang baru Porsche Macan EV. Alpine, merek mobil sport asal Prancis, akan memamerkan mobil SUV berdasarkan konsep crossover listrik pertamanya, A390_β dan menyebut produksinya akan dimulai di Dieppe, Prancis Utara pada tahun 2025.

Konsep ini sebelumnya mencuri perhatian saat melakukan uji coba meski dibalut stiker kamuflase. Bocoran yang beredar menyebutkan mobil ini dilengkapi dua motor listrik dan tentunya berpenggerak AWD (All-Wheel Drive). Debut resminya akan dilangsungkan pada 11 Oktober di website Alpine sebelum dipamerkan ke publik saat Paris Auto Show berlangsung.

Melansir Carscoops, 23 September, transformasi Alpine yang ambisius untuk menjadi tandingan Porsche di Prancis tampaknya tak main-main. Versi produksi dari A390_β menjadi langkah awal yang krusial pabrikan.

Dilihat sekilas, dari gambar pengujian mobilnya yang masih dibalut stiker kamuflase , A390 mengadopsi desain electric coupe-SUV dengan 4 pintu dan garis atap ala mobil sport. Jelas, Alpine mengincar konsumen yang melirik Porsche Macan EV. 

A390 dikabarkan berbagi platform dengan Renault Megane E-Tech dan Nissan Ariya namun akan dibekali tenaga buas 600 hp dan teknologi torque vectoring agar bisa bertarung sengit dengan para pabrikan asal Stuttgart, Jerman.

A110

Meski masih berbalut kamuflase tebal, sedikit gambaran dari crossover listrik ini adalah kap mesin yang landai mengingatkan pada A110, mobil pertama Alpine di era modern. Sayangnya, meski terlihat gagang pintu tersembunyi, sepertinya A390 tidak akan menggunakan kaca tanpa bingkai.

Diketahui, A390 hanyalah sebagian dari rencana Alpine untuk menghadirkan 7 mobil listrik baru sebelum dekade ini berakhir. Sebelumnya, mereka sudah memperkenalkan versi produksi A290, sebuah hot hatch yang menjadi lawan tangguh Renault 5 EV. Selain itu, Alpine juga merencanakan lebih banyak crossover dan SUV, serta pengganti A110 yang kabarnya akan hadir dengan opsi roadster untuk pertama kalinya. Puncaknya, Alpine mungkin akan meluncurkan versi produksi hypercar bertenaga hidrogen, Alpenglow.