Bagikan:

JAKARTA - Brand mobil asal Swedia, Polestar akan memperkenalkan mobil EV ketiga dengan nama Polestar 4 pada pergelaran Shanghai Auto Show 2023 pada 18 April mendatang.

Dilansir dari InsideEV, Selasa, 11 April, diperkirakan mobil tersebut akan sedikit lebih kecil bila dibandingkan dengan mobil listrik sebelumnya, Polestar 3. Polestar 4 akan mengusung coupe-SUV dengan teknologi lebih modern. 

Meskipun pihak pabrikan tidak membeberkan mengenai spesifikasi mobil ini, Polestar 4 diperkirakan dapat melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 4 detik.

CEO Polestar, Thomas Ingenlath mengatakan, Polestar 4 bukan hanya sekedar versi modifikasi dari SUV pertamanya. Melainkan, merupakan generasi terbaru dari coupe-SUV.

"Polestar 4 bukan hanya versi modifikasi dari SUV pertama kami. Sebagai gantinya, kami mempertimbangkan kembali seluruh desain untuk menciptakan generasi baru SUV-Coupe," kata Thomas.

Perusahaan yang dimiliki oleh Volvo dan Geely tersebut juga telah merilis teaser sebagai bagian dari pengumuman perihal Polestar 4. Terlihat Polestar 4 masih tertutupi jubah putih di sekujur tubuhnya, namun ini sekaligus memberikan gambaran seperti apa mobil ini ketika diperkenalkan.

Meskipun ditutupi jubah, diperkirakan bagian lampu depan Polestar 4 serupai Polestar 3 dengan bagian kap mesin yang lebih aerodinamis. 

Polestar memiliki ambisi besar untuk jajaran SUV-nya, dengan mencanangkan produksi lebih dari 160.000 SUV per tahun pada tahun 2025, yang sebagian besar dipasarakan di Amerika Serikat. 

Khusus untuk Polestar 4, perusahaan berharap dapat terjual 43.000 unit di seluruh dunia pada tahun 2024, diikuti oleh 79.000 unit pada tahun 2025.

Coupe SUV elektrik yang sporty ini diharapkan bisa menjadi rival bagi Porsche Macan EV yang akan datang. Namun jika harganya pas, Polestar 4 juga akan bersaing dengan Tesla Model Y, dan kemungkinan akan menjadi merek terlaris pada pertengahan dekade.