Bloomberg Connects, Jelajahi Ratusan Museum di Seluruh Dunia Secara Virtual

JAKARTA – Jika Anda pecinta sejarah dan warisan budaya, Anda mungkin gemar mengunjungi museum. Hobi ini membutuhkan banyak tenaga dan waktu, tetapi kini tidak lagi berkat teknologi yang sudah semakin cerdas.

Sekarang, ada aplikasi bernama Bloomberg Connects yang bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Aplikasi ini berisi koleksi dan pameran dari berbagai museum dan lembaga budaya di berbagai belahan dunia. Sayangnya, Indonesia belum ada di dalamnya.

Untuk melihat daftar museum dan lembaga budaya yang bisa dikunjungi secara virtual, Anda bisa mengeklik opsi Maps saat Daftar terbuka atau sebaliknya. Anda juga bisa memasukkan nama museum atau lembaga budaya yang ingin dikunjungi di bilah pencarian.

Saat mengeklik salah satu museum atau lembaga budaya yang terdaftar di Bloomberg Connects, Anda akan melihat deskripsi mengenai tempat tersebut, mulai dari penjelasan nama tempatnya, kapan tempatnya mulai didirikan, hingga lokasi tempatnya berada.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Anda harus mengeklik Mulai Panduan dengan menggulir halaman. Nantinya, Bloomberg Connects akan menampilkan informasi menarik seperti apa saja yang bisa ditemukan di tempat tersebut, program apa yang diadakan, hingga pameran terkini.

Bloomberg Connects bisa diakses di seluruh dunia meskipun tidak semua tempat terdaftar di dalam aplikasinya. Ada lebih dari 550 museum dan lembaga budaya yang bisa dikunjungi dan seluruh tempat tersebut berasal dari 24 negara yang berbeda.

Ada yang berasa dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Meksiko, Italia, dan masih banyak lagi. Selain museum dan lembaga budaya, Anda juga bisa mengunjungi kebun raya, pemakaman bersejarah, kebun binatang, teater, rumah bersejarah, galeri, dan masih banyak lagi.

Jika dibandingkan dengan aplikasi Google Arts dan Culture, Bloomberg Connects masih memiliki beberapa kekurangan karena tidak dilengkapi pengalaman VR. Namun, aplikasi ini jauh lebih baik dalam mengarahkan pengguna ke lokasi terdekat.