IBM dan UNDP Meluncurkan Solusi AI Baru untuk Memprediksi Akses Energi

JAKARTA - IBM dan United Nations Development Programme (UNDP),  meluncurkan model interaktif terbaru untuk energi pada platform UNDP global yaitu GeoHub. 

“Kami dengan bangga memperkenalkan solusi yang menunjukkan kekuatan teknologi untuk memberikan dampak positif bagi keberlanjutan dalam lingkungan dan komunitas kita,” kata Justina Nixon-Saintil,  Vice President IBM dan Chief Impact Officer IBM dalam keterangan tertulisnya.

Justina mengatakan bahwa solusi ini memanfaatkan teknologi seperti IBM watsonx AI dan platform data, yang akan membantu para pengguna untuk menganalisis isu-isu energi kompleks melalui kecerdasan buatan (AI). 

Tidak hanya itu, solusi ini juga akan memberikan mereka akses kepada solusi-solusi lainnya dalam pengambilan keputusan berbasis data terhadap transisi energi. 

Sebagai bagian dari Data Futures Exchange (DFx) milik UNDP, Geohub menyediakan sebuah platform yang memberikan kemudahan dalam mengunggah, memvisualisasi dan menganalisis kumpulan data, menggabungkan data berbasis waktu dan geografis dengan citra satelit. 

GeoHub mendukung pendekatan yang granular, terlokalisasi, serta evidence-based terhadap tantangan pembangunan dan pembuatan kebijakan, mulai dari menentukan distribusi akses listrik, hingga menilai tingkat kerentanan komunitas terhadap dampak perubahan iklim.

“Kolaborasi inovatif UNDP dengan IBM dapat membantu negara-negara dalam mengoptimalkan pengembangan data dan teknologi inovatif untuk meningkatkan kualitas hidup serta menjaga planet,” ujar kata Laurel Patterson, Kepala Tim Integrasi SDG UNDP, UNDP Bureau for Policy and Programme Support. 

Bahkan, Laurel menegaskan kalau solusi mereka telah terpercaya sebagai dasar untuk membantu negara-negara membuat kemajuan yang signifikan dan nyata dalam menuju transisi energi yang adil.