Alami Rambut Rontok, Konsumsi 11 Superfood Ini untuk Atasi Masalahmu

JAKARTA - Semua orang tentu tahu manfaat yang bisa didapat dari konsumsi makanan tertentu bagi kesehatan tubuh. Misalnya, wortel dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Vitamin C dalam buah jeruk berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Makanan tinggi serat seperti kacang-kacangan bisa bantu turunkan kolesterol. Namun, tahukah Anda bahwa juga ada banyak superfood untuk mengatasi rambut rontok?

Ubi jalar

Baik Anda lebih suka yang utuh dan dipanggang atau dipotong-potong untuk digoreng, ubi jalar mengandung beta karoten yang membantu menyehatkan kulit kepala. Mencegah rambut menipis, dan membantu pertumbuhan sel.

Buah plum

Kekurangan zat besi dapat menjadi penyebab rambut rontok. Disadur dari Hairclub, Selasa, 17 September, tingkatkan kadar zat besi Anda dengan buah-buahan lezat seperti plum yang dapat membantu mengatasi rambut menipis dan kering atau berubah warna.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan kaya dengan protein, asam lemak omega-3, biotin, dan lemak sehat, yang semuanya dapat merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji rami serta biji bunga matahari juga dapat meningkatkan kualitas rambut dengan cara menyediakan protein ke kulit kepala.

Udang

Mengandung banyak vitamin B12, zat besi, dan seng, udang dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah rambut tipis karena rontok. Anda dapat mengolah udang sesuai dengan pilihan Anda. 

Tiram

Terkadang rambut rontok dapat disebabkan karena rendahnya kadar seng dalam tubuh.  Untungnya, tiram mengandung banyak seng serta zat besi, asam lemak omega, dan kalsium yang dapat membantu memperkuat akar rambut.

Bayam

Sayuran hijau serbaguna ini dapat ditambahkan ke dalam smoothie, salad, atau sandwich. Bayam mengandung banyak zat besi, folat, vitamin A, dan vitamin C, yang semuanya penting untuk pertumbuhan rambut.

Telur

Mengandung banyak protein dan biotin, telur mengandung banyak nutrisi yang baik untuk rambut dengan menjaga folikel rambut tetap kuat. Dan pada gilirannya meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Alpukat

Vitamin E dalam alpukat merupakan antioksidan kuat yang menawarkan sejumlah khasiat reparatif dan penyembuhan. Yang dapat membantu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.

Salmon

Salmon dan ikan berlemak lainnya seperti sarden, mackerel, dan tuna mengandung banyak asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan rambut. Nutrisi ini juga dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut.

Oat

Kaya akan nutrisi seperti seng, zat besi, serat, asam lemak omega-6, dan vitamin B, oat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut dengan memperkuat dan merangsang folikel rambut.

Kacang Merah

Siapa sangka kacang merah juga berperan penting dalam mencegah kerontokan rambut. Pasalnya, kacang merah kaya akan biotin, zat besi, zinc, dan asam folat. Dimana, semua senyawa ini merupakan hal penting yang berperan dalam meningkatkan kualitas serta pertumbuhan rambut.