Anies Belum Sediakan Waktu Bertemu, Ridwan Kamil: Mungkin Masih Sibuk

JAKARTA - Bakal calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil (RK) mengaku telah bertukar pesan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan.

RK dan bakal calon Wakil Gubernurnya, Suswono meminta kepada Anies untuk menjadwalkan pertemuan antara kandidat Pilgub Jakarta 2024 dengan Gubernur DKI terdahulu. Namun, RK mengaku Anies belum menyediakan waktu.

"Sudah menjawab (pesan) sebagai pertemanan, tapi tidak spesifik tentang penjadwalan bertemunya. Mungkin masih sibuk," kata RK di Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu, 15 September.

Tak cuma Anies, RK mengaku juga berkomunikasi dengan mantan Gubernur DKI lainnya seperti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Namun, RK menyadari Ahok tak mungkin berpihak dukungan padanya karena merupakan kader PDIP.

"Tujuannya bukan minta didukung. Tujuan pertamanya silaturahmi," tutur RK.

Sementara itu, sebelumnya RK-Suswono telah sowan ke mantan Gubernur DKI periode 1997-2007 Sutiyoso (Bang Yos), dan juga mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2007-2012 Fauzi Bowo (Foke).

Saat menemui mantan-mantan Gubernur, RK mengaku dirinya dan Suswono meminta Bang Yos, Foke, Anies, hingga Ahok untuk berbagi pengalaman ketika menghadapi persoalan Jakarta.

"Kami orang baru, ilmunya sedikit di wilayah ini. Secara syariat kan kita jangan sok tahu. Supaya tidak sok tahu, saya datengin. Pak foke dengan ilmunya, Pak Sutiyoso dengan nasihatnya, nanti Pak Ahok, termasuk Pak Anies," jelasnya.

Sebelumnya, RK mengaku sudah berkirim pesan dengan dua mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Anies Baswedan dan sedang menunggu waktu untuk bertemu.

"Sudah mengirimkan pesan ke Pak Ahok dan Pak Anies juga. Cuma perlu mencocokkan waktunya, tanggal yang tepat belum ada, sedang dipikirkan," kata Ridwan di Markas PKS Jakarta Pusat, Kemayoran, Sabtu, 14 September.