Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay mengatakan elektabilitas Ridwan Kamil bakal melejit jika resmi diumumkan maju di Pilgub Jakarta 2024. Menurut Saleh, saat ini saja elektabilitas Ridwan Kamil sudah tinggi di Jakarta, meskipun belum dinyatakan maju Pilkada Jakarta.

Survei Indikator Politik menyebutkan Ridwan Kamil lebih kompetitif lawan Anies Baswedan dibandingkan Ketua DPP PDIP Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

"Sekarang RK kan belum definitif bilang maju di Jakarta. Itu pun survei-nya sudah bagus. Kalau nanti sudah positif diumumkan, saya yakin survei itu jauh lebih baik," ujar Saleh kepada wartawan, Jumat 26 Juli.

Saleh mengatakan Ridwan Kamil sudah populer di Jakarta sehingga penerimaan masyarakat Jakarta dan elektabilitasnya bakal terus menguat jika ikut kontestasi di Pilgub Jakarta. Apalagi Ridwan Kamil dikenal sebagai kepala daerah yang sukses dan berprestasi di Bandung dan Jawa Barat sehingga kehadiran di Jakarta bisa memberikan harapan perubahan dan kemajuan.

"RK sudah dikenal masyarakat Jakarta, sehingga upaya menaikkan elektabilitas tidak terlalu sulit, dia adalah sosok inklusif, terbuka terhadap pemilih Anies Baswedan maupun Ahok," tandas Saleh.

Saleh mengatakan PAN dari awal sudah mendukung Ridwan Kamil maju di Jakarta. Pasalnya, PAN menilai Ridwan Kamil merupakan bakal cagub kompetitif untuk mengalahkan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta.

"Kami juga yakin bahwa hanya RK yang mampu bertanding secara kompetitif melawan Anies. Tinggal mencari pasangannya yang pas sehingga elektoralnya bisa bertambah dan naik secara signifikan," ungkap Saleh.

PAN, kata Saleh, terus mencermati dinamika Pilgub Jakarta ke depannya untuk mendapatkan pasangan cagub-cawagub terbaik. PAN, kata dia, juga menyodorkan kader terbaiknya untuk maju sebagai cawagub Jakarta, yakni Zita Anjani.

"PAN masih terbuka dengan segala kemungkinan. Masih ada waktu lebih dari 1 bulan sebelum pendaftaran. Dalam waktu sebulan ini, bisa saja ada perubahan dan dinamika," pungkas Saleh.

Diketahui, hasil survei Indikator Politik Indonesia terbaru menunjukkan Ridwan Kamil (RK) menjadi lawan kompetitif Anies Baswedan pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024 daripada Ketua DPP PDIP Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Meskipun, elektabilitas Ridwan Kamil pada Juni 2024 lalu berada di bawah Anies dan Ahok.

Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Anies tertinggi dengan 43,8%, disusul Ahok 32,1%, dan Ridwan Kamil 18,9%. Menurut Peneliti Utama Indikator, Burhanuddin Muhtadi, hal tersebut terjadi karena Ridwan Kamil mampu menggaet pemilih Ahok ketika berhadapan (head to head) dengan Anies.