YouTube di Televisi Mulai Tampilkan Iklan Saat Video Dijeda

JAKARTA – YouTube menambahkan format iklan baru ke dalam aplikasi televisi baru-baru ini. Saat pengguna menjeda konten video yang sedang ditonton, YouTube akan menampilkan iklan yang mudah disingkirkan.

Iklan tersebut bisa dihilangkan kapan saja dan tidak akan mengganggu pengalaman menonton penggunanya. Saat iklan muncul, ada video yang tidak terputar secara otomatis. Pengguna perlu mengeklik play button untuk melihat video dari iklan tersebut.

Penambahan iklan ini sudah diungkapkan sejak Mei tahun lalu kepada para pengiklan. Namun, YouTube baru menambahkan format iklannya. Perusahaan itu mengatakan bahwa format iklan ini akan membantu penonton dalam mengenali merek pengiklan.

"Kami menghadirkan pengalaman Jeda baru ke CTV (Connected TV) sehingga Anda dapat mendorong kesadaran atau tindakan dengan memiliki momen interaktif unik saat orang-orang menjeda video. Ini memudahkan pemirsa dan memungkinkan mereka mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda," jelas YouTube.

Meski sudah terlihat di beberapa aplikasi YouTube untuk televisi, format iklan ini baru terlihat oleh sebagian kecil pengguna. Sepertinya, format iklan ini ditambahkan dari sisi server sehingga pengguna akan melihat tampilan iklannya secara otomatis.

YouTube tidak pernah membagikan jadwal peluncuran format iklan ini sehingga belum diketahui kapan seluruh pengguna akan melihat iklan tersebut. Dilihat dari beberapa laporan pengguna Reddit dan X, dilansir dari 9to5google, iklan ini mungkin akan diperluas dalam waktu dekat.

Jika format iklan ini sudah muncul di aplikasi televisi YouTube Anda, format ini bisa disingkirkan dengan mudah dari layar. Anda hanya perlu menggerakkan kursor ke tombol Singkirkan berukuran kecil di sudut layar, lalu klik tombol tersebut.