Lagi, Shin Tae-yong Ingin Buktikan Pengalaman di Piala Dunia bahwa Bola Itu Bulat

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 menghadapi Arab Saudi di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Jumat, 6 September 2026, pukul 01.00 WIB.

Shin Tae-yong paham betul tentang kualitas Arab Saudi di atas kertas. Namun, dia tak mau menyerah dan tetap percaya diri dengan kemampuan pasukannya.

"Kami memang berada di grup yang paling sulit. Namun, kami tidak akan menyerah," kata pelatih asal Korea Selatan itu.

Pelatih 53 tahun tak mau anak asuhnya tertekan melihat catatan di atas kertas terkait kualitas Arab Saudi.

Dia menegaskan kepada penggawa Timnas Indonesia untuk fokus kepada kemampuan diri sendiri agar bisa memberikan penampilan terbaik.

"Ketimbang memikirkan tekanan besar untuk saya dan tim, saya lebih memilih menikmati momen ini serta berusaha memberikan yang terbaik. Kami bersepakat ingin menunjukkan yang terbaik di laga nanti," ujar Shin Tae-yong.

Keyakinan Shin Tae-yong yang tidak mau inferior di hadapan Arab Saudi tak lepas dari pengalamannya di Piala Dunia.

Sebagaimana diketahui, ia pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018. Kala itu, Taegeuk Warriors di luar dugaan bisa menekuk tim kuat Jerman 2-0 sekaligus memulangkan Der Panzer di fase grup.

Kekalahan itu membuat Jerman mengakhiri babak Grup F Piala Dunia 2018 sebagai juru kunci.

"Pada Piala Dunia 2018, saya memiliki kenangan melawan Jerman. Kami memiliki pertandingan yang sangat bagus. Di sini, kami terus melakukan persiapan yang baik," kata Shin Tae-yong.

Dengan kata lain, Shin Tae-yong masih percaya penuh bahwa apa pun bisa terjadi di sepak bola. Bola itu bulat, catatan di atas kertas tidak bisa menjadi acuan.

Hal itu pun sudah ia buktikan bersama Timnas Indonesia. Tengok saja perjalanan di Piala Asia 2023 yang mana Skuad Garuda mencetak sejarah lolos ke fase gugur untuk kali pertama.

Timnas Indonesia tampil memukau sepanjang fase grup. Mentalitas dan determinasi tinggi ditunjukkan pasukan Shin Tae-yong yang mayoritas dihuni pemain muda.

Penampilan di Piala Asia 2023 pun menuai pujian dari banyak pihak. Tim-tim kuat Asia bahkan sudah tak bisa lagi memandang sebelah mata Timnas Indonesia.

Tak sampai di situ, Indonesia U-23 juga dibawa Shin Tae-yong mencetak sejarah dengan menjadi semifinalis Piala Asia U-23 pertama kali.

Pada fase grup Piala Asia U-23 2024, mereka mampu membungkam tim bernama besar seperti Australia (1-0) dan Yordania (4-1).

Bahkan, di perempat final, Indonesia U-23 menekuk Korea Selatan untuk mengambil tiket semifinal sekaligus mencari slot ke Olimpiade Paris 2024.

Sayang, langkah Indonesia U-23 ke Olimpiade dijegal Irak pada perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-20 2024.

Tiket ke Olimpiade 2024 nyaris digenggam andai tidak kalah melawan Guinea pada laga playoff.