Indra Sjafri Ungkapkan Penyebab Kekalahan Timnas Indonesia U-20 dari Thailand U-20

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, membeberkan penyebab kekalahan tim saat jumpa Thailand U-20 di pertandingan kedua Seoul Earth on Us Cup 2024. Menurut sang pelatih, ada satu alasan yang memang membuat tim akhirnya tumbang.

Tampil di Stadion Mokdong, Korea Selatan, pada Jumat, 30 Agustus 2024, siang WIB, Timnas Indonesia U-20 kalah 0-2 dari Thailand. Gol pembuka Thailand diciptakan oleh Caelan Tanadon Ryan setelah memanfaatkan blunder Rahmat Syawal pada menit ke-10.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Garuda Muda justru kembali kebobolan lewat Rattaphum Phankhechon usai wasit tidak menghentikan pertandingan pada menit ke-90+1.

Selepas pertandingan, pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, mengungkapkan penyebab Garuda Muda tumbang di tangan Thailand. Kata Indra Sjafri, saat melawan Gajah Perang Muda memang situasinya berbeda. Pada babak pertama ia melakukan percobaan dengan merotasi pemain.

Hal itu dilakukan Indra Sjafri dengan tujuan memberikan kesempatan kepada para pemain lain yang belum mendapatkan menit bermain pada laga pertama melawan Argentina U-20.

"Pertama, lawan Thailand memang berbeda karena memang tujuan dari turnamen ini adalah kami mencoba beberapa pemain baru untuk mengambil kesimpulan apakah mereka berkualitas atau tidak. Jadi, memang ada perubahan," kata Indra Sjafri selepas laga pada Jumat, 30 Agustus 2024.

"Yang kedua, kami coba di babak kedua untuk membangun serangan dengan pergantian pemain baru," tuturnya.

Dari percobaan tersebut, permainan Timnas Indonesia U-20 saat melawan Thailand memang agak berbeda ketimbang saat melawan Argentina U-20. Garuda Muda tak lebih agresif dibanding pertandingan pertama turnamen.

Indra Sjafri memang melakukan rotasi dalam susunan pemain awal Timnas Indonesia U-20 ketika menghadapi Thailand.

Dia melakukan lima perubahan dalam susunan pemain awal dengan memasang I Wayan Artha Wiguna, Rahmat Syawal, Maouri Simon, Marselinus Ama Ola, dan Muhammad Ragil sebagai starter.

Terlepas dari hal itu, Timnas Indonesia U-20 selanjutnya akan menghadapi tuan rumah Korea Selatan pada 31 Agustus 2024.

Indonesia U-20 memang mengikuti turnamen mini di Korea Selatan tersebut untuk persiapan menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-20 2025.

Alhasil, Indra Sjafri ingin menurunkan semua pemain agar bisa mengetahui lebih dini pemain mana yang akan dibawa untuk kualifikasi tersebut.