Indra Sjafri Tak Pusingkan Kekalahan Timnas Indonesia U-20 atas Thailand di Laga Uji Coba
Indra Sjafri akan melakukan promosi-degradasi terhadap pemain Timnas Indonesia U-20 selama TC (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, tak ambil pusing atas hasil tak memuaskan yang diterima timnya di laga uji coba perdana kontra Thailand U-20. Sang pelatih santai sebab ia punya tujuan lain ketimbang mengejar kemenangan.

Timnas Indonesia U-20 menghadapi Thailand U-20 di laga uji coba perdana yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, pada Jumat, 26 Januari 2024, malam WIB.

Pada laga itu, Garuda Muda menelan kekalahan 1-2. Skor Indonesia U-20 unggul lebih dulu melalui Toni Firmansyah. Gajah Putih kemudian membalas dua gol lewat Paripan Wongsa dan Pekanet Laohawiwat.

Meski timnya menelan kekalahan, hal ini tak menjadi masalah bagi Indra Sjafri. Sang pelatih mengatakan bahwa kemenangan bukan hal yang ia cari dari laga ini.

Pelatih asal Sumatera Barat itu menegaskan bahwa hal utama yang ia cari ialah melihat kualitas dan kemampuan individu pemain-pemain pilihannya.

Pasalnya, saat ini Garuda Muda masih menerapkan sistem promosi dan degradasi selama rangkaian pemusatan latihan (TC). Pemain yang dianggap tak bisa bersaing akan dicoret dari tim.

"Saya sedikit mengomentari pertandingan uji coba internasional perdana Timnas Indonesia U-20 di mana memang tujuannya untuk melihat atau memastikan kualitas pemain secara individu," kata Indra Sjafri dalam konferensi pers selepas laga.

Selain menjalani laga uji coba kontra Thailand, Timnas Indonesia U-20 juga akan menjalani uji coba lanjutan kontra Uzbekistan. Dari dua laga itu nantinya akan menjadi pertimbangan untuk menentukan pemain mana yang akan dipertahankan atau dipulangkan.

"Jadi, setelah beberapa kali pertandingan uji coba, kami kita ingin secepatnya mendapat bahan untuk kesimpulan siapa-siapa (pemain) yang masih bisa menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-20 ke depan," tutur Indra.

Mengingat tujuan utama uji coba untuk melihat kemampuan para pemain, Indra Sjafri lantas melakukan rotasi penuh agar semua pemain tampil.

"Kami juga banyak melakukan banyak pergantian. Tentu kami juga ingin melihat siapa-siapa saja yang sesuai dengan ekspektasi kita," ujar Indra lagi.

Partai uji coba berikutnya Timnas Indonesia U-20 vs Uzbekistan U-20 rencananya dihelat di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, pada 30 Januari 2024.