Perkuat Ekosistem AI, Qiscus Memperkenalkan Qiscus AI dan Robolabs LLM

JAKARTA - Qiscus, perusahaan teknologi penyedia platform Omnichannel Customer Engagement untuk bisnis mengumumkan peluncuran Qiscus AI dalam acara Conversa 4.0 yang berlangsung pada Selasa, 27 Agustus secara hybrid. 

Dimulai dari peluncuran Robolabs pada Conversa 1.0, peluncuran Qiscus AI ini dibuat sebagai ekosistem lengkap yang menampung berbagai solusi AI inovatif untuk mengatasi tantangan nyata yang dihadapi oleh bisnis.

"Dengan menggabungkan kekuatan AI dengan sentuhan yang lebih humanis, Qiscus AI siap merevolusi cara bisnis berinteraksi dengan pelanggan di era digital,” kata Delta Purna Widyangga, CEO & Co-founder Qiscus, dalam siaran resminya.

Dengan Qiscus AI, perusahaan setidaknya memiliki tiga fokus utama, yaitu, meningkatkan efisiensi operasional melalui otomatisasi cerdas, memperkuat citra merek melalui personalisasi yang mendalam, dan memastikan keamanan serta kontrol yang optimal dalam setiap interaksi. 

“Qiscus AI akan menjadi inti dari semua solusi kami, memberikan fleksibilitas dan kemampuan adaptasi yang luar biasa untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang terus berkembang," tambah Delta.

Qiscus membawa Robolabs LLM sebagai fitur unggulan baru bersama Qiscus Agent Copilot dalam ekosistem Qiscus AI untuk menavigasi bisnis menuju kesuksesan dengan powerful intelligence, strong brand persona, dan governance.

Salah satu keunggulan utama Robolabs LLM adalah kemampuannya dalam memahami konteks percakapan melalui teknologi Retrieval Augmented Generation (RAG), yang tidak hanya memberikan jawaban, tetapi juga memverifikasi informasi tersebut dengan basis pengetahuan internal perusahaan.

Selain itu, Robolabs LLM juga dapat membantu bisnis menciptakan pengalaman pelanggan yang benar-benar personal melalui penyesuaian persona chatbot. 

Kemudian, Qiscus AI juga dapat terhubung dengan berbagai sistem eksternal dengan mudah. Misalnya, ketika pelanggan memesan tiket pesawat melalui chatbot, Qiscus AI dapat langsung terhubung dengan sistem pemesanan maskapai penerbangan dan memberikan informasi ketersediaan serta menyelesaikan proses pemesanan secara otomatis. 

“Melalui kemampuan integrasi dengan berbagai API eksternal, Qiscus AI tidak hanya menjadi platform yang fleksibel, tetapi juga menjadi pusat dari ekosistem AI kami yang terus berkembang,” tutup Evan Purnama selaku CPMO & Co-founder Qiscus.