Bagikan:

JAKARTA - Google Pixel 9 Pro XL kini menawarkan kecepatan pengisian yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya, yaitu mencapai 37W, meningkat dari 27W pada generasi sebelumnya. Namun, untuk mencapai kecepatan ini, Anda memerlukan charger USB Power Delivery PPS yang kompatibel. Lebih dari itu, charger tersebut juga harus mendukung persyaratan tegangan khusus yang digunakan oleh Pixel 9 Pro XL.

Menurut sebuah diskusi di Reddit, Pixel 9 Pro XL mencapai pengisian cepat dengan meningkatkan tegangan pengisian daripada menambah arus. Dalam pengujian yang dilakukan oleh seorang pengguna, perangkat ini dapat mencapai hingga 18V. Meskipun tegangan dan arus adalah dua sisi dari mata uang daya yang sama, konversi tegangan tinggi kembali ke tingkat baterai sekitar 4V biasanya mengurangi efisiensi dan menghasilkan panas lebih, sehingga teknik ini biasanya digunakan untuk daya yang lebih tinggi dan baterai yang lebih besar, seperti pada laptop.

Namun, masalahnya adalah tidak semua charger di pasaran memenuhi persyaratan ini, karena penggunaan tegangan tinggi untuk USB Power Delivery PPS masih jarang pada smartphone. Misalnya, Samsung Galaxy S22 Ultra memilih menggunakan tegangan di bawah 10V dengan arus hingga 5A. Dengan kata lain, meskipun Anda memiliki charger yang dapat menghasilkan 40W atau lebih, mungkin tidak dapat menyediakan daya 37W yang diinginkan Pixel 9 Pro XL dengan cara yang dibutuhkan.

Google bukan satu-satunya yang menggunakan tegangan tinggi untuk pengisian cepat. ASUS Zenfone 11 Ultra dan ROG Phone 8 Pro, misalnya, dapat mencapai hingga 65W dengan USB PD PPS, tetapi pengisian menjadi lebih lambat pada adaptor yang hanya mendukung 10V. Laptop juga sering kali meminta 20V untuk meningkatkan daya hingga 100W atau lebih, tetapi ini sebagian besar dilakukan melalui spesifikasi USB PD reguler.

Meskipun pengujian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan apa yang dibutuhkan oleh Pixel 9 Pro XL agar dapat mengisi daya dengan kecepatan penuh, beberapa charger pihak ketiga sudah ada di pasaran yang seharusnya bisa berfungsi dengan baik, asalkan mendukung tegangan yang sesuai.

Contohnya, charger 45W terbaru dari Samsung dan Anker 45W Nano II mengklaim dapat mencapai 20V/2,25A melalui PPS. Namun, jika Anda memerlukan charger baru untuk Pixel 9 Pro XL Anda, menggunakan charger resmi Google 45W adalah pilihan paling aman.