Uji Coba Produksi VW ID. 2, Siap Meluncur di 2026 dengan Harga Terjangkau

JAKARTA - Volkswagen (VW) telah meluncurkan konsep ID. 2all pada Maret tahun lalu dan akan diposisikan sebagai kendaraan listrik (EV) terjangkau. Baru-baru ini, wujud produksi dari hatchback tersebut tertangkap kamera sedang diuji jalan di sirkuit Nurburgring Nordschleife, Jerman.

Melansir dari Carscoops, Jumat, 23 Agustus, mobil ini terlihat sekilas menyerupai model ID. 3 yang juga berwujud hatchback. Namun, perbedaannya terletak pada port pengisian daya yang dicangkokan ke sepatbor kanan depan.

Hal menarik lainnya pada model ini adalah pintu bagian belakang dirancang lebih mengecil yang mengisyaratkan wheelbase yang lebih pendek dari saudaranya.

Diperkirakan bahwa ini merupakan pengujian sasis untuk model mendatang yang akan mengusung platform MEB Entry terbaru. Arsitektur ini meminjam teknologi dari MEB sebelumnya dan berfokus pada kendaraan listrik terjangkau.

Pabrikan dari Jerman ini telah mengonfirmasi bahwa mobil bernama ID. 2 tersebut akan mengusung penggerak roda depan (FWD) dan diklaim memiliki baterai dan pengisian daya lebih efisien dari model lainnya.

Meskipun spesifikasinya masih dirahasiakan, VW ID. 2 diperkirakan akan memiliki motor listrik berkekuatan 223 dk dengan jarak tempuh mencapai 450 km menurut siklus WLTP.

Selain itu, kepastian secara detail mengenai kemunculan hatchback ini juga belum diketahui. Namun, VW mengonfirmasi akan meluncurkannya pada tahun 2026 mendatang. Jadi, mereka masih memiliki waktu yang banyak untuk mengembangkan ID. 2 sebelum memasuki fase produksi.

Pabrikan juga menargetkan bahwa model ini akan dipatok dengan harga kurang dari 25.000 euro atau setara Rp430,8 juta.

Saat ini, VW baru menjual kendaraan listrik terjangkau bernama ID. 3 dengan wujud sedikit lebih besar dari ID. 2 dengan harga 40.000 euro atau setara Rp689,3 juta.