Jepang Open 2024: Ester Tumbang di Babak 16 Besar

JAKARTA – Sektor tunggal putri Indonesia di turnamen Jepang Open 2024 habis setelah langkah Ester Nurumi Twi Wardoyo kandas di babak kedua.

Atlet 18 tahun tersebut menyerah dalam pertandingan tiga gim 21-19, 9-21, dan 7-21 melawan tunggal Thailand, Supanida Katethong, pada Kamis, 22 Agustus 2024, malam WIB.

Ester mengatakan bahwa semua strateginya bisa berjalan dengan baik pada gim pertama sehingga ia sanggup memegang kendali permainan serta memenangi gim tersebut.

"Sayang, di gim kedua dan ketiga lawan sudah mengubah pola permainan, sedangkan saya malah mengikuti permainan lawan. Lawan sudah meningkatkan tempo permainan, sementara saya masih tampil dengan pola yang tak berubah," ujar dia.

Dia melanjutkan bahwa pola permainan gim pertama yang tidak bisa ia terapkan pada gim kedua lantas membuat dirinya kecolongan. Selain itu, ia juga mengaku bermain kurang sabar.

"Dari sini saya masih banyak yang harus diperbaiki. Dari fisiknya juga harus ditingkatkan lagi," kata adik kandung pebulu tangkis tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo ini.

Ester adalah satu dari empat wakil Indonesia yang kandas di babak 16 besar. Tiga lainnya adalah Chico, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani, dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Hasil yang didapat Ester membuat harapan Indonesia untuk mengantongi gelar di Jepang kini tinggal berada di pundak nomor ganda putra.

Dari nomor tersebut, Indonesia punya tiga pasangan yang berhasil mencapai babak perempat final. Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana, dan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin.