Marselino Ferdinan Resmi Gabung Klub Championship Inggris Oxford United

JAKARTA - Marselino Ferdinan akhirnya mendapat pelabuhan baru setelah kontraknya bersama KMSK Deinze, klub Challenger Pro League (level kedua liga Belgia), berakhir pada musim panas atau Juni 2024.

Oxford United, klub yang baru promosi ke Championship (level kedua liga Inggris) musim ini, jadi petualangan baru Marselino di luar negeri.

"Saya sangat senang dan masih tidak bisa percaya saya di sini. Menjadi salah satu dari sedikit pemain Indonesia yang berkompetisi di Inggris membuat saya sangat bangga."

"Saya tidak akan mengabaikan kesempatan ini. Saya akan memberikan 100 persen. Pesan saya untuk semua untuk terus mendukung Oxford United dan ketahuilah bahwa saya akan melakukan yang terbaik untuk bersaing dan mewakili klub ini," ujar Marselino selepas penandatanganan kontrak.

Oxford United punya alasan merekrut pemain 19 tahun tersebut. Marselino merupakan bintang muda yang sedang naik daun di sepak bola Asia.

Eks penggawa Persebaya Surabaya itu akan menjadi pemain kelahiran Indonesia pertama yang merumput di Championship.

Pelatih kepala Oxford United, Des Buckingham, pun mengamini kemampuan Marselino.

"Marselino adalah pemain yang sangat menonjol. Banyak berita di Asia menyebutkan bahwa dia adalah salah satu pemain muda terbaik yang sedang berkembang."

"Jadi, ini adalah kesempatan yang baik menjadikannya bagian dari kami. Dia adalah pemain penyerang yang sangat menarik."

"Saya sangat senang bisa melihat bagaimana perkembangannya. Marselino merupakan talenta yang kami cari. Kami lihat dia memiliki hasrat yang nyata untuk ingin berkembang dan memanfaatkan kesempatan ini," tutur Buckingham.

Karier Marselino memang tengah meroket. Dia menjadi pemain muda yang sudah dipercaya Shin Tae-yong mengisi skuad utama Timnas Indonesia.

Sebelum berlabuh ke Oxford United, dia sudah mengemas 26 penampilan untuk Skuad Indonesia dan tiga gol.

Tahun lalu, ia membantu Indonesia U-22 memenangi SEA Games untuk pertama kalinya setelah 32 tahun.

Marselino juga memegang rekor sebagai pencetak gol termuda di Indonesia. Pada 2024, dia menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah putaran final Piala Asia.

Tak hanya itu, sang gelandang merupakan pemain kunci untuk Indonesia U-23 yang mencapai semifinal Piala Asia U-23 2024 dan membawa Tim Merah-Putih ke playoff Olimpiade Paris 2024 melawan Guinea.

Pujian akan karier apik Marselino juga meluncur dari Ed Waldron, Kepala Operasional Sepak Bola Oxford United.

Selain itu, Waldron juga antusias ingin melihat Marselino berkembang lebih baik bersama Oxford United.

"Marselino adalah pemain muda yang sangat menjanjikan. Kami sangat ingin melihat bagaimana dia berkembang dalam tim kami. Klub memiliki hubungan erat dengan Indonesia, kami tahu kemampuan Marselino."

"Meski belum terbukti di level ini, jelas bahwa Marselino sangat berbakat dengan pengalaman internasional yang baik."

"Akan menarik untuk melihat bagaimana dia menyesuaikan diri dengan kehidupan di Oxford United. Kami memiliki lingkungan yang baik di pusat pelatihan."

"Kami merasa ini adalah kesempatan sempurna bagi Marselino untuk menguji kemampuannya dan berkembang bersama pengalaman yang kami miliki," tutur Waldron.

Marselino memulai karier di luar negeri pada awal 2023 ketika dia bergabung Deinze. Dia menjalani debut pada Februari 2023 sebagai pemain pengganti pada menit ke-80.

Gol pertamanya bersama Deinze dicetak pada 22 April 2023 ke gawang Virton dalam kemenangan timnya 3-1.

Sayang, perjalanannya di Belgia hanya sebentar. Dia cuma menerima kontrak pendek hingga tengah tahun 2024 dan tak diperpanjang lagi.