Google Messages Hapus Dukungan Pemutaran Video YouTube di dalam Aplikasi

JAKARTA – Saat pengguna Google Messages mengirimkan tautan video dari YouTube, pengguna bisa menonton videonya dari dalam aplikasi karena platform perpesanan ini mendukung fitur Picture-in-Picture (PiP).

Google sengaja menambahkan kemampuan ini agar penggunanya tidak perlu beralih aplikasi. Namun, dalam pembedahan aplikasi versi beta yang dilakukan Android Authority, seluruh kode dan teks yang menghadirkan fitur ini sudah dihilangkan.

Dengan dihapusnya kemampuan PiP, tautan video YouTube yang dibuka tidak akan menampilkan pratinjau video. Tautan dari YouTube tidak akan menampilkan PiP kembali dan pengguna akan langsung dialihkan ke aplikasi asli YouTube.

Meski fitur ini telah hilang dari aplikasi Google Messages, belum ada kabar resmi apa pun dari pihak perusahaan. Tidak diketahui juga mengapa Google menghapus dukungan PiP YouTube yang mereka luncurkan pada tahun 2022.

Ada kemungkinan, fitur ini dihapus karena kurang digunakan. Meskipun beberapa orang suka berbagi tautan, pengguna Google Message mungkin lebih nyaman untuk menonton videonya secara langsung di aplikasi YouTube karena tampilannya yang lebih baik.

Terlebih lagi, Google telah meningkatkan platform video ini dengan beberapa fitur baru seperti Catatan Komunitas dan Miniplayer yang masih dalam tahap pengerjaan. Ada juga kemampuan untuk mengubah ukuran Miniplayer dan memindahkannya di layar.

Kemampuan PiP YouTube di Google Messages belum ditambahkan ke dalam daftar kuburan Google karena perusahaan itu menghapusnya secara diam-diam. Google mungkin tidak akan mengumumkan perubahan ini dalam beberapa waktu ke depan.