iOS 18: Terdapat Pembaruan Menarik pada Aplikasi Maps

JAKARTA - Pada pembaruan iOS 18, hampir semua aplikasi bawaan Apple mendapatkan fitur-fitur baru, termasuk aplikasi Maps. Meski tidak ada penambahan AI yang mencolok, Apple telah menyisipkan beberapa perubahan yang bermanfaat untuk pengalaman pengguna.

Jalur Pendakian

Setelah menambahkan peta topografi ke Apple Watch tahun lalu, kini peta topografi yang lebih detail juga hadir di iPhone melalui aplikasi Maps. Aplikasi ini sekarang menampilkan jaringan jalur pendakian yang lengkap, termasuk 63 taman nasional di Amerika Serikat. Pengguna dapat mencari "hiking" atau "rute pendakian" di aplikasi Maps untuk menemukan opsi jalur terdekat. Informasi yang ditampilkan mencakup panjang jalur, ketinggian, rating, dan detail lainnya. Jalur pendakian dapat difilter berdasarkan panjang, jenis rute (loop, point to point, atau out and back), dan elevasi, serta dapat disimpan untuk akses offline.

Rute Kustom

Di iOS 18, Apple Maps mendukung pembuatan rute kustom, memungkinkan pengguna untuk merencanakan jalur pendakian spesifik yang ingin ditempuh. Pada titik awal pendakian, pengguna dapat memilih opsi "Create a Custom Route" untuk memulai. Dari sini, pengguna dapat menandai titik-titik di peta, dan aplikasi Maps akan menyediakan informasi panjang rute dan detail ketinggian. Aplikasi ini juga dapat menyelesaikan rute secara otomatis dengan menggunakan opsi Reverse, Out and Back, atau Close Loop. Fitur ini memastikan bahwa rute yang dibuat aman, tidak memungkinkan pengguna untuk membuat jalur yang tidak terhubung dengan jalur yang ada.

Pencarian di Lokasi Baru

Apple juga mempermudah pencarian di lokasi yang ingin dikunjungi dengan menambahkan tombol "Search here." Saat mencari lokasi, misalnya San Diego, pengguna dapat mengetuk "Search here" untuk mencari di area yang muncul di layar, bukan hanya di lokasi fisik pengguna. Saat memperbesar peta, tombol "Search here" akan muncul, memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna dalam menentukan area pencarian.

Menyimpan Favorit

Jika pengguna menemukan jalur pendakian atau rute kustom favorit, mereka dapat menyimpannya ke Library untuk akses di kemudian hari. Pengguna cukup mengetuk "Add to Library" pada jalur yang relevan. Hikes dan rute yang disimpan dapat diunduh untuk penggunaan offline dan dapat diberi nama atau ditambahkan informasi khusus untuk referensi di masa mendatang.

Library

Semua konten yang disimpan dari aplikasi Maps, termasuk lokasi, rute, panduan, dan pin, kini disimpan dalam bagian Library yang baru. Ini menyederhanakan akses ke konten yang baru ditambahkan dan favorit.

Catatan

Pengguna dapat membuat catatan tentang tempat tertentu di aplikasi Maps dengan memilih opsi "Add a Note" dari menu. Catatan ini bersifat pribadi dan disimpan di perangkat, hanya dapat dilihat oleh pembuatnya.

Dengan pembaruan ini, aplikasi Maps di iOS 18 menjadi lebih fungsional dan personal, menawarkan alat yang lebih lengkap untuk mendukung aktivitas outdoor dan perjalanan pengguna.