5 Manfaat Memiliki Core atau Otot Inti Tubuh yang Kuat

YOGYAKARTA – Olahraga rutin adalah cara mendapatkan otot core atau inti tubuh menjadi lebih kuat. Bukan hanya dinilai dari perut sixpack, tetapi ternyata melatih bagian tersebut bermanfaat banyak lho. Seorang pelatih pribadi bersertifikat mengatakan, otot inti merupakan salah satu bagian tubuh yang penting. Kata Kelly Froelich, CPT., otot core penting untuk melakukan gerakan sehari-hari. Selain itu, berikut manfaat memiliki core atau otot inti tubuh yang kuat.

1. Menggerakkan dan melindungi tulang belakang

Otot inti atau disebut dengan core, tidak hanya otot bagian perut saja. Lebih spesifik, ada sejumlah otot yang membentuk core kuat. Diantaranya rektus abdominis (atau bagian yang kerap disebut otot sixpack); otot obliques internal dan eksternal di sisi batang tubuh Anda; abdominis transversal (otot dalam yang membungkus perut Anda seperti korset); erector spinae, lumbar multifidus, dan quadratus lumborum di punggung Anda; dan diafragma, dasar panggul, dan psoas iliaka di bagian bawah batang tubuh.

Ilustrasi manfaat memiliki core atau otot inti tubuh yang kuat (Freepik/katemangostar)

Tugas utama dari core adalah menggerakkan dan menstabilkan tulang belakang. Melansir well+good, Senin, 12 Agustus, untuk membungkuk ke depan, kita memakai rektus abdominis. Saat berdiri tegak, erector spinae yang terletak di sisi tulang belakang aktif. Saat berubah arah ketika berjalan atau berlari dan mengangkat barang, otot-otot core membuat tulang belakang stabil dan terlindungi. Kalau memiliki otot core yang kuat, tentu akan memberikan perlindungan yang baik ketika bergerak dalam waktu lama.

2. Mengurangi nyeri punggung bawah dan risiko cedera

Penyebab nyeri punggung bawah yang kronis itu cukup rumit. Tetapi kalau otot inti atau core lemah, rasa sakit akan semakin membuat tak nyaman. Biasanya, orang dengan nyeri punggung perlu mengamati perubahan pada aktivitas lumbar multifudus dan transversus abdominis. Namun, latihan kekuatan core dapat membantu meringankan nyeri punggung, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Physical Therapy Science.

Ilustrasi manfaat memiliki core atau otot inti tubuh yang kuat (Freepik/master1305)

3. Meningkatkan keseimbangan

Otot inti atau core yang kuat, meningkatkan keseimbangan. Ketika berjalan kita membutuhkan keseimbangan. Keseimbangan juga penting untuk menghindari jatuh, misalnya saat berjalan di jalan yang tidak rata.

4. Meningkatkan kinerja

Otot inti bekerja sama mentransfer gaya antara ekstrimitas bawah dan atas selama tubuh bergerak sehari-hari. Misalnya memindahkan kotak, mengambil baju di lemari bagian paling atas, olahraga, dan aktivitas lainnya.

5. Mendukung postur tubuh yang sehat

Banyak otot di punggung dan batang tubuh terlibat membentuk inti tubuh yang berperan menjaga postur tubuh. Otot-otot ini, antara lain multifidus, quadratus lumborum, dan erector spinae ditambah otot abdominis transversal, diafragma, dan dasar panggul. Otot tersebut dikaitkan dengan stabilitas sendi dan bertanggung jawab membangun stabilitas seluruh segmen tulang belakang. Nah, kalau memiliki otot core yang kuat, maka postur tubuh akan terjaga baik.

Membangun otot core atau inti tubuh yang kuat, dapat meningkatkan kinerja. Sebuah tinjauah tahun 2023 dipublikasikan dalam Biology of Sport menemukan, latihan inti meningkatkan kecepatan, jarak lemparan, serta lompatan vertikal serta horizontal. Lantas, olahraga jenis apa yang bisa dilakukan rutin dalam melatih otot core? Latihan sederhana seperti plank, dead bug, sit up, double crunch, bisa dilakukan secara rutin.