Bagikan:

YOGYAKARTA – Postur tubuh yang baik, tidak membungkuk dan telinga sejajar dengan bahu. Artinya, ada alasan kenapa harus duduk dengan benar. Memiliki postur tubuh yang tepat, ketika bagian-bagian tubuh sejajar dengan yang seharusnya. Otot yang menegang untuk menopang diri juga harus tepat.

Postur tubuh yang tepat juga digambarkan lewat lengkungan pada tulang belakang. Tulang belakang memiliki tiga lengkungan, satu di leher, di tengah punggung, dan di punggung bawah. Saat postur tepat, ketiganya mempertahankan lengkungan alami. Kelompok otot juga dimiliki postur tubuh yang baik untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

manfaat memiliki postur tubuh yang baik
Ilustrasi manfaat memiliki postur tubuh yang baik (Freepik/drobotdean)

Terdapat jenis postur tubuh, yaitu statis dan dinamis. Postur tubuh yang statis adalah postur yang dipertahankan ketika tidak bergerak. Seperti saat tidur, berdiri, dan duduk diam. Postur yang dinamis, saat bergerak. Contohnya ketika berjalan, melakukan peregangan, atau berlari. Terdapat beberapa alasan fisik kenapa seseorang memiliki postur yang buruk. Selain kebiasaan membungkuk, otot yang terlalu tegang atau memiliki rentang gerak lebih kecil, dapat mempersulit memposisikan bagian tubuh dengan benar. Kekuatan otot kaki dan core atau inti tubuh juga memengaruhi postur. Otot ini meliputi punggung, perut, panggul, sisi tubuh, dan bokong.

Otot yang disebutkan di atas, menghubungkan bagian atas dan bagian tubuh bawah. Core muscle yang lemah, dapat menyebabkan seseorang memiliki postur membungkuk atau menggerakkan bagian atas tubuh lebih ke depan daripada bagian bawah tubuh. Posisi duduk yang buruk, kebiasaan yang keliru memegang gawai, lama bekerja di depan layar dengan postur tidak pas, membuat postur membungkuk. Untuk mengetahui apa saja manfaat memiliki postur tubuh yang baik, berikut penjelasannya.

Manfaat memiliki postur tubuh yang baik

Postur tubuh bukan tentang penampilan. Tetapi tentang bagaimana tulang dan otot inti serta tulang gerak digerakkan secara benar. Manfaatnya kalau memiliki postur tubuh yang baik, atau tidak membungkuk, antara lain berikut ini.

manfaat memiliki postur tubuh yang baik
Ilustrasi manfaat memiliki postur tubuh yang baik (Freepik/drobotdean)

1. Suasana hati dan energi yang lebih baik

Postur tubuh yang baik adalah cara memandang diri sendiri. Memperbaiki postur tubuh dapat membantu seseorang tetap fokus dan lebih bersemangat sepanjang hari. Melansir WebMD, Selasa, 10 September, penelitian menunjukkan bahwa memiliki postur tubuh yang baik dapat meningkatkan rasa percaya diri.

2. Kesehatan tulang, sendi, dan otot

Postur tubuh yang baik bergantung pada otot dan tulang. Jika tulang belakang sejajar dengan benar, akan mengurangi tekanan pada sendi dan tulang. Ini dapat mengurangi rasa sakit secara keseluruhan atau mengurangi timbulnya masalah seperti osteoarthritis. Perlu diketahui, meskipun banyak sekali latihan yang bisa dilakukan untuk memperbaiki postur, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada personal trainer supaya mendapatkan program latihan yang sesuai.

3. Pernapasan yang lebih baik dan jarang sakit kepala

Saat Anda duduk atau berdiri tegak dengan bahu ditarik ke belakang, akan terasa lebih mudah bernapas. Ini karena lebih banyak ruang untuk membuka dada agar bisa bernapas lebih dalam. Postur yang buruk, seperti membungkuk, dapat menyebabkan ketegangan pada leher dan bahu. Hal ini menyebabkan sakit kepala di dahi atau bagian belakang tengkorak.

4. Kesehatan tulang belakang dan leher meningkat

Dengan berlatih postur tubuh yang benar, membantu Anda mengurangi risiko nyeri pada punggung dan leher. Membungkuk di meja, misalnya, dapat memengaruhi pertumbuhan tulang belakang. Jika Anda harus bekerja lama dengan posisi duduk, ambil waktu istirahat setelah 30-40 menit. Bisa mengisi waktu tersebut dengan peregangan kecil atau berjalan sekitar meja selama beberapa menit.

Itulah manfaat memiliki postur tubuh yang baik. Postur tubuh yang buruk, perlu dilatih untuk kembali pada kondisi alaminya. Bisa dengan latihan untuk otot core atau berlatih yoga dengan gerakan-gerakan tertentu.